Pages

Woensdag 10 Julie 2013

5 Makanan yang paling Baik untuk Sahur di Bulan Puasa

Rasa lemas, haus dan lapar pasti akan dialami setiap orang yang berpuasa. Tapi Anda bisa tetap segar dan semangat menjalani aktivitas, bila mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur. Jenis makanan yang diasup haruslah mencukupi kebutuhan nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral. Ini makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat sahur, agar tubuh tak lemas dan lesu saat beraktivitas seharian berikut 5 Makanan yang paling Baik untuk Sahur di Bulan Puasa seperti dilansir wolipop.detik:


1. Air Lemon

Air Lemon
[lihat.co.id] -Menurut pakar food combining Erikar Lebang dalam bukunya 'Food Combining di Bulan Ramadhan', meminum segelas air hangat yang diberi sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis saat sahur baik untuk tubuh. Gunanya sebagai tonik untuk liver yang telah bekerja semalaman sebagai katalisator serap saat tidur.
2. Buah
Buah
[lihat.co.id] -Buah kaya vitamin dan mineral dan memiliki efek 'listrik' yang berfungsi mengubah cadangan makanan sebagai sumber energi serta membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Disarankan untuk mengonsumsi tiga porsi buah seperti melon, jeruk atau pir sedikitnya 15 menit sebelum makan nasi.

3. Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat Kompleks
[lihat.co.id] -Karbohidrat kompleks energi levelnya stabil dan meningkatkan gula darah secara perlahan sehingga tubuh tidak kaget atau shock. Peningkatan gula darah yang perlahan, penurunannya juga perlahan sehingga tubuh tidak mudah lemas. Karbohidrat kompleks juga lebih lama dicerna tubuh sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jenis karbohidrat ini bisa didapat dari nasi merah, sayuran dan umbi-umbian.

4. Pilih Air Putih Ketimbang Teh Manis

Pilih Air Putih Ketimbang Teh Manis
[lihat.co.id] -Menyeruput teh manis hangat saat santap sahur memang nikmat. Kombinasi teh dan gula juga cepat memberi tambahan energi. Namun energi yang dihasilkan dari gula pasir juga akan hilang dengan cepat. Tubuh pun akan terasa lebih lemas. Saat sahur, lebih sehat meminum air putih untuk menyediakan cadangan cairan selama berpuasa. Hindari kopi dan teh terlalu banyak karena bisa menyebabkan dehidrasi.
5. Suplemen Makanan
Suplemen Makanan
[lihat.co.id] -Jika Anda akan beraktivitas lebih banyak dan intens dari biasanya, disarankan untuk mengonsumsi suplemen makanan sebagai tambahan energi. Pilih suplemen yang lengkap kandungan vitamin, mineral dan omega-3 agar energi tetap terjaga hingga menjelang buka puasa.

Tina Kartika 11 Jul, 2013


-
Source: http://www.lihat.co.id/2013/07/5MakananyangpalingBaikuntukSahurdiBulanPuasa.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download 5 Makanan yang paling Baik untuk Sahur di Bulan Puasa

0 komentar:

Plaas 'n opmerking