Pages

Woensdag, 17 Julie 2013

Cara Memilih Kurma Berkualitas Baik

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

CiriCara.com – Salah satu buah yang menjadi idola saat bulan Ramadan adalah kurma. Buah yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera ini menjadi salah satu buah yang populer di dunia. Semua kandungan nutrisi yang ada pada kurma bermanfaat untuk tubuh.


Buah kurma - Ist

Buah kurma – Ist


Misalnya, karbohidrat, lemak, protein, air, vitamin C, serta mangan. Dalam 100 gram buah kurma terdapat energi sebesar 230kcal yang sangat tepat disajikan sebagai menu buka puasa. Selain itu, sabda Rasulullah juga menyarankan agar berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, seperti kurma.

Selama bulan Ramadan, kurma sangat mudah ditemukan, seperti di pasar walayan ataupun tradisional. Ketahuilah bahwa ada beberapa jenis kurma , antara lain kurma ajwa, kholas, sokari, mactoumi, medjool, khidri, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan kurma yang berkuaitas baik, Anda harus pintar memilih.

Aneka jenis kurma yang beredar di pasaran itu tidak semuanya berkualitas baik. Untuk itu, Anda harus cermat memilihnya. Bagaimana cara memilih kurma yang berkualitas baik? Berikut tipsnya:


1. Kemasannya bagus

Sebaiknya, jangan memilih kurma yang tanpa di kemas atau Anda membelinya di pinggir jalan. Kurma yang dijual di tempat seperti itu tentunya sudah tercampur dengan debu dan asap sehingga jika dimakan bisa mengganggu kesehatan. Untuk itu, pilihlah kurma yang dikemas dengan baik dan bersih.


2. Teksturnya masih bagus

Sebelum membeli, Anda harus perhatikan kurma dengan teliti. Lihatlah, apakah kurma tersebut sudah terkelupas. Jika sudah terkelupas, maka kemungkinan bisa disebabkan banyak faktor, seperti terjatuh, banyak dipegang orang, dan lain sebagainya. Tekstur kurma yang sudah tidak bagus itu bisa mengganggu kesehatan. Untuk itu, pilihlah kurma yang teksturnya masih bagus dan kulit arinya tidak rusak.


3. Bentuknya besar

Buah kurma yang baik adalah bentuknya besar, bukan kecil-kecil. Jika bentuknya kecil-kecil, maka bisa jadi kurma itu sudah telalu lama mengering. Buah tersebut boleh saja Anda beli karena masih bisa untuk dimakan. Namun, lebih baik pilih kurma yang masih segar saja.


4. Tidak lengket saat dipegang

Pernah melihat kurma lengket? Kurma yang terlihat lengket itu berarti ada tambahan madu dan gula. Sebaiknya, jangan memilih kurma yang seperti itu. Kurma yang berkualitas baik merupakan kurma yang manisnya alami.


Aneka jenis kurma - Antara

Aneka jenis kurma – Antara



5. Berwana cokelat, merah, dan kekuning-kuningan

Jenis kurma memang bermacam-macam dan memiliki warna yang berbeda. Namun, Anda harus tetap cermat memilihnya. Jika buah kurma terlalu merah sehingga terlihat hitam, maka bisa jadi sudah terlalu lama disimpan. Untuk itu, pilihlah kurma yang masih segar dengan warna cokelat, merah, dan kekuning-kuningan.


6. Tekstur dan aroma masih terasa saat dimakan

Kurma berkualitas baik adalah memiliki rasa yang normal dan teksturnya tidak keras. Untuk itu, Anda disarankan untuk mencobanya terlebih dahulu sebelum membelinya. Coba bandingkan antara kurma yang satu dengan yang lain. Pastikan kurma tersebut tak ada bahan tambahan apapun.


7. Terdapat izin dari departemen kesehatan

Tadi sudah disebutkan bahwa belilah kurma di pasar swalayan atau tempat-tempat yang bersih. Kurma yang dijual di pasar swalayan biasanya sudah ada izin dari departemen kesehatan. Jadi, And atak perlu mengkhawatirkan kualitasnya. Tapi, jika tetap ingin membelinya d pinggir jalan atau pasar tradisional, pastikan area sekitarnya bersih.

Itulah cara memilih kurma berkualitas baik. Banyak manfaat yang bisa Anda dapat jika mengonsumsi kurma selama bulan Ramadan. Salah satunya adalah melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Untuk itu, makanlah kurma saat berbuka puasa dan pilihlah yang berkualitas baik. (NR)

via CiriCara http://ciricara.com/2013/07/18/cara-memilih-kurma-berkualitas-baik/

Judul : Cara Memilih Kurma Berkualitas Baik
Deskripsi : CiriCara.com – Salah satu buah yang menjadi idola saat bulan Ramadan adalah kurma. Buah yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera ini...

Bagikan ke

Facebook Google+ Twitter

18 Jul, 2013


-
Source: http://feedproxy.google.com/~r/Dawntweets/~3/LUA5yIWWGls/cara-memilih-kurma-berkualitas-baik.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Cara Memilih Kurma Berkualitas Baik

0 komentar:

Plaas 'n opmerking