Pages

Woensdag 17 Julie 2013

Cara Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Sehat saat puasa - Ist

Sehat saat puasa – Ist


CiriCara.com – Selama Ramadan, sejumlah orang terkadang mengeluh sangat berat menjalankan ibadah puasa. Walaupun sudah makan sahur, namun pada siang harinya terkadang merasa lemas dan tidak bersemangat menjalankan aktivitas. Apakah Anda pernah merasakan hal seperti itu?

Saat berpuasa tubuh tidak mendapat asupan makanan dan cairan selama kurang lebih 13 jam. Untuk itu, di saat makan sahur dan berbuka puasa Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh agar kesehatan tetap prima dan puasa tetap lancar.

Ada beberapa tips yang bisa diberikan agar puasa terasa ringan dan lancar selama satu bulan. Apa saja? Dilansir dari Vemale.com, berikut cara agar tubuh tetap bugar dan sehat saat berpuasa:


1. Mengonsumsi karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti ubi, singkong, jagung, oatmeal, roti gandum, dan nasi merah. Makanan tersebut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, tambahkan juga makanan berserat seperti sayuran dan kacang-kacangan. Makanan berserat bisa mencegah Anda dari gangguan pencernaan yang sering dialami oleh sejumlah orang saat berpuasa.

Baca juga: Cara berpuasa agar tidak mudah lapar .


2. Perbanyak mengonsumsi protein

Berpuasa merupakan waktu yang tepat untuk mengubah pola makan terutama jika tujuan Anda untuk menurunkan berat badan. Jika Anda terbiasa mengonsumsi makanan berkarbohidrat, maka selama puasa Anda bisa memperbanyak mengonsumsi protein. Makanan berprotein yang bisa Anda konsumsi, antara lain daging, ayam, ikan, putih telur, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.


3. Mengonsumsi lemak baik

Makanan yang mengandung lemak baik berperan penting dalam menyediakan energi tubuh, menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selama berpuasa, lemak baik juga diperlukan tubuh untuk menyerap nutrisi. Untuk itu, jangan lupakan mengonsumsi ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan buah alpukat selama berpuasa.


4. Cukupi cairan untuk tubuh


Jus buah - Ist

Mengonsumsi jus buah saat puasa – Ist


Sangat penting untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Jika tidak, maka Anda akan dehidrasi. Untuk itu, walaupun sedang berpuasa, namun Anda harus tetap mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per harinya. Anda bisa memenuhi itu saat berbuka hingga waktu imsak. Perbanyaklah meminum sebelum Anda tidur. Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi jus buah pada saat sahur atau berbuka puasa.


5. Kurangi mengonsumsi garam

Selama berpuasa, alangkah baiknya mengurangi makanan yang asin-asin. Makanan yang mengandung tinggi garam bisa membuat tubuh Anda jadi cepat lapar dan dehidrasi. Jika sudah dehidrasi, maka Anda akan merasa lemas dan malas beraktivitas.


6. Tetap berolahraga

Berolahraga itu perlu dilakukan juga selama Anda menjalankan ibadah puasa . Namun, olahraga yang dilakukan jangan yang berat-berat. Anda bisa jogging, bersepeda, atau mengangkat beban yang ringan. Waktu olahraga yag tepat saat menjalankan puasa adalah sebelum waktu berbuka puasa, setidaknya 30 atau 20 menit.

Itulah cara agar tubuh tetap bugar saat berpuasa. Sebaiknya, puasa jangan Anda jadikan beban saat menjalani rutinitas. Anda harus tetap bersemangat dan terlihat bugar. Untuk itu, coba terapkanlah cara di atas agar ibadah puasa bisa dijalankan dengan sempurna. Selamat berpuasa.

Baca juga: Jangan makan ini saat sahur dan berbuka puasa .

(NR)

via CiriCara http://ciricara.com/2013/07/18/cara-agar-tubuh-tetap-bugar-saat-berpuasa/

Judul : Cara Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa
Deskripsi : Sehat saat puasa – Ist CiriCara.com – Selama Ramadan, sejumlah orang terkadang mengeluh sangat berat menjalankan ibadah puasa. Walaup...

Bagikan ke

Facebook Google+ Twitter

18 Jul, 2013


-
Source: http://feedproxy.google.com/~r/Dawntweets/~3/o-Pn6DVv1gU/cara-agar-tubuh-tetap-bugar-saat.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Cara Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa

0 komentar:

Plaas 'n opmerking