Pages

Dinsdag 16 Julie 2013

10 Masjid yang memiliki Arsitektur Luar Biasa di Dunia

10 Masjid yang memiliki Arsitektur Luar Biasa di Dunia
Bagi umat Islam, masjid adalah sebuah tempat ibadah yang sangat suci dan begitu dihormati. Ada ribuan masjid tersebar di seluruh dunia. Namun hanya sedikit masjid yang dibangun dengan struktur yang benar-benar dipertimbangkan.

Seperti dikenal karena arsitektur-nya yang indah, nilai sejarah sampai estetika pembangunan yang bisa dibilang luar biasa atau mungkin bentuk lebar dan panjangnya yang sangat istimewa. Namun sebesar apapun masjid dengan arsitektur yang unik, tanpa adanya ibadah di dalamnya adalah hal yang sia-sia.

Di bulan Ramadan ini, mari kita telusuri lagi rumah-rumah suci yang dianggap memiliki arsitektur paling indah di dunia:

10. Masjid Sultan Ahmet - Turki

Masjid Sultan Ahmet - Turki

Masjid Sultan Ahmet yang terletak di kota Istanbul, Turki ini dibangun oleh sang Sultan di atas situs lampau Hippodrome yang pernah menjadi pusat sosial Konstantinopel saat menjadi ibukota Kekaisaran Bizantium. 

Masjid ini bernama masjid Biru lantaran di malam hari puncak-puncak menara yang berjumlah 6 buah memiliki rona kebiruan. Namun warna itu berasal dari ubin biru yang menjadi interiornya. Masjid ini juga memiliki serangkaian kubah yang berjajar mulai dari puncak sampai menurun dengan halaman yang besar.

9. Masjid Istiqlal - Indonesia

Masjid Istiqlal - Indonesia

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, mustahil Indonesia tak memiliki masjid nasional. Dan julukan itu dimiliki oleh Istiqlal yang dibangun pada 1978. Dalam bahasa Arab, Istiqlal berarti kemerdekaan. Dengan tema tradisional Jawa, Istiqlal memiliki ruang sholat utama berbentuk persegi paanjang dengan 12 tiang penopang besar yang menyangga kubah dengan diameter 45 meter. Istimewanya, arsitek Istiqlal adalah Frederick Silaban, seorang penganut Kristen yang taat sehingga Istiqlal dianggap sebagai simbol kebebasan dan toleransi beragama di Indonesia.

8. Masjid Badshahi - Pakistan

Masjid Badshahi - Pakistan

Masjid Badshahi atau Masjid Kaisar dibangun oleh raja ke-6 Kesultanan Mughal yakni Raja Aurangzeb pada tahun 1671 di kota Lahore, Pakistan. Masjid ini memiliki empat menara di empat penjuru luar masjid dengan tinggi 53,75 meter. Fondasi dan struktur bangunannya dibangun memakai batu bata dan tanah lempung yang dipadatkan sampai akhirnya dibalur dengan lampengan batu pasir merah dengan bagian kubah yang berlapis pualam putih.

7. Masjid Faisal - Pakistan

Masjid Faisal - Pakistan

Masjid ini diberi nama masjid Faisal untuk menghormati Raja Faisal bin Abdul Aziz yang mendanai proyek pembangunannya. Masjid ini tak seperti kebanyakan masjid di Asia yakni tak memiliki kubah atau lengkungan. Inspirasi bentuknya yang tidak biasa berasal dari tenda suku Arab Badui. Ruang doa utama berbentuk segitiga besar dan menaranya berbentuk struktur tinggi seperti pensil. Masjid Faisal adalah salah satu contoh terbaik arsitektur Islam kontemporer.

6. Masjid Hassanal Bolkiah - Brunei Darusallam

Masjid Hassanal Bolkiah - Brunei Darusallam

Masjid Jami Hassanal Bolkiah ini dibangun saat Sultan Hassanal Bolkiah memerintah dan dibuka untuk umum pada 1994 silam. Masjid ini memiliki lingkungan yang sangat subur dengan banyak taman indah dan air mancur yang membuatnya semakin cantik. Yang mencolok adalah adanya kubah emas yang dilapisi emas 24 karat. Tak hanya itu, interior menara juga sangat tebal dan berhiaskan ornamen mewah.

5. Masjid Imam - Iran

Masjid Imam - Iran

Masjid Imam dianggap sebagai salah satu bangunan paling megah di kota Isfahan, Iran. Masjid ini memiliki empat menara menjulang setinggi 160 kaki dan sebagian besar dibangun dari bahan keramik serta batu piruz. Keindahan dan kemegahannya semakin sempurna dengan sebuah kolam besar di tengah pelataran masjid. Hampir seluruh dinding ditutupi oleh keramik mozaik dengan perpaduan 7 warna serta kaligrafi prasasti. Masjid ini dianggap sebagai salah satu arsitektur Persia yang terbaik.

4. Masjid Sheikh Zayed - Uni Emirat Arab

Masjid Sheikh Zayed - Uni Emirat Arab

Masjid Agung Sheikh Zayed memiliki 82 kubah bergaya Maroko yang semuanya dihiasi dengan batu pualam putih. Kubah utama masjid ini berdiameter 32,8 meter dengan tinggi 55 meter. Ukuran masjid ini setara dengan 5 lapangan sepakbola. Tak hanya itu, masjid ini memiliki lebih dari 1.000 pilar di area luar yang dilapisi lebih dari 20 ribu lembar pualam. Di sekeliling masjid ada rangkaian kolam yang dibangun dari bahan keramik lantai berwana gelap yang memantulkan keindahannya saat malam hari.

3. Masjid Hassan II - Maroko

Masjid Hassan II - Maroko

Masjid Hassan II yang terletak di Casablanca, Maroko ini memiliki menara paling tinggi di dunia mencapai 210 meter. Dibangun menjorok ke samudera Atlantik membuatnya terlihat seakan berada di tengah laut layaknya masjid terapung. Masjid ini memakai teknologi cahaya laser untuk pencahayaan di malam hari dan pemanas lantai. Atap masjid bisa dibuka tutup dan beberapa lantai memakai kaca super tebal yang bisa membuat jamaah melihat samudera Atlantik di bawah masjid.

2. Masjid Nabawi - Arab Saudi

Masjid Nabawi - Arab Saudi

Masjid Nabawi adalah salah satu masjid terpenting bagi umat Islam karena dibangun oleh nabi Muhammad saw dan menjadi makam beliau serta para sahabatnya. Dengan pembangunan awalnya yang sangat sederhan dengan tiang batang kurma dan tanpa atap, kini Kerajaan Arab Saudi membuatnya menjadi modern dengan luas mencapai 100 ribu meter persegi dan lantai atas mencapai 67 ribu meter persegi. Masjid Nabawi kini bisa menampung hampir setengah juta jamaah.

1. Masjidil Haram - Arab Saudi

Masjidil Haram - Arab Saudi

Berlokasi di Mekkah, Masjidil Haram adalah masjid terbesar dan tersuci di dunia. Karena masjid ini dibangun mengelilingi Ka'bah, pusat kiblat umat Muslim sedunia. Masjid besar ini memiliki 9 menara. Kini masjidil Haram yang menjadi tujuan ibadah Haji memiliki luas 356.800 meter persegi. Pada tahun 2007, pemerintah Arab Saudi berencana meningkatkan kapasitas masjid sampai 2 juta jamaah setidaknya sampai tahun 2020 mendatang. Arsitekturnya yang elegan membuat Masjidil Haram begitu indah dan takjub.

Tina Kartika 16 Jul, 2013


-
Source: http://www.lihat.co.id/2013/07/10MasjidyangmemilikiArsitekturLuarBiasadiDunia.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download 10 Masjid yang memiliki Arsitektur Luar Biasa di Dunia

0 komentar:

Plaas 'n opmerking