Pages

Dinsdag, 16 Julie 2013

Jangan Makan Ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

CiriCara.com – Memiliki masalah pada perut, seperti BAB pada saat puasa? Saat menjalankan ibadah puasa, masalah pada pencernaan bisa saja terjadi dikarenakan Anda tidak memperhatikan makanan yang diasup. Memang ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama berpuasa agar pencernaan Anda tidak terganggu.

Baca juga: Jangan melakukan 8 kesalahan ini selama puasa .


Makanan berlemak tinggi - Ist

Makanan berlemak tinggi – Ist


Dilansir dari Tempo.co, dr. Ari Fahrial Syam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta mengatakan bahwa ajaran agama sudah menganjurkan kita berpuasa agar sehat. Untuk itu kita harus tetap memperhatikan makanan dan minuman selama sahur dan bebuka agar terhindar dari gangguan pencernaan.

Agar pencernaan lancar dan Anda tetap sehat, sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan berserat dan mengandung air, seperti buah-buahan dan sayuran. Adapun beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk dikonsumsi pada saat sahur dan bebuka puasa. Makanan apa saja?

Dilansir sumber yang sama, berikut makanan dan minuman yang perlu dihindari untuk shaur dan berbuka puasa agar tidak menimbulkan gangguan pada penernaan:


1. Makanan banyak mengandung gas dan serat

Segala makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan serat sebaiknya Anda hindari selama berpuasa. Makanan itu, antara lain sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, dna buah yang dikeringkan. Sedangkan untuk minuman, sebaiknya jangan mengonsumsi minuman bersoda.


2. Minuman bekafein dan beralkohol

Kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, atau susu full cream merupakan segala jenis minuman yang bisa merangsang pengeluaran asam lambung. Bagi pecinta kopi, sebaiknya jangan meminum pada saat sahur karena bisa merangsang buang air kecil berlebih.


3. Makanan berlemak


Kopi, cokelat, dan rokok sebaiknya dihindari saat puasa - Ist

Kopi, cokelat, dan rokok sebaiknya dihindari saat puasa – Ist


Kue tar, cokelat, keju, dna makanan berlemak lainnya bisa menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya bisa meningkatkan asam lambung. Selain itu, makanan yang sulit dicerna juga bisa memperlambat pengosongan lambung.


4. Makan mengandung cuka dan pedas

Segala makanan yang mengandung cuka dan pedas merrupakan makanan yang secara langsung merusak dinding lambung. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung merica atau bumbu pedas lainnya pada saat sahur dan berbuka.


5. Permen karet

Permen karet bisa meningkatkan gas di dalam lambung. Untuk itu, lebih baik Anda tidak mengonsumsinya selama bulan Ramadan ini. Selain permen karet, merokok juga bisa meningkatkan gas di dalam lambung.


6. Makanan tinggi lemak dan gorengan

Sebaiknya hindari makanan tinggi lemak dan gorengan pada saat sahur dan berbuka puasa karena makanan itu bisa melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung naik ke kerongkongan.

Itulah sejumlah makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur dan berbuka puasa. Dr. Ari mengatakan bahwa sebaiknya pada saat sahur dan berbuka Anda harus memperhatikan makanan. Untuk berbuka puasa, minumlah sedikit minuman manis dan 3 buah kurma. Selain itu, jangan sampai terlalu kenyang juga pada saat sahur dan berbuka, serta perbanyak konsumsi air, seperti air putih dan buah-buahan.

Baca juga: Cara aman dan sehat berbuka puasa .

(NR)

via CiriCara http://ciricara.com/2013/07/17/jangan-makan-ini-saat-sahur-dan-berbuka-puasa/

Judul : Jangan Makan Ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa
Deskripsi : CiriCara.com – Memiliki masalah pada perut, seperti BAB pada saat puasa? Saat menjalankan ibadah puasa, masalah pada pencernaan bisa saja...

Bagikan ke

Facebook Google+ Twitter

17 Jul, 2013


-
Source: http://feedproxy.google.com/~r/Dawntweets/~3/NsSwh08F6VU/jangan-makan-ini-saat-sahur-dan-berbuka.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Jangan Makan Ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa

0 komentar:

Plaas 'n opmerking