Pages

Vrydag 12 Julie 2013

5 Aplikasi iOS Terbaik untuk Bulan Puasa

5 Aplikasi iOS Terbaik untuk Bulan Puasa

Ramadan yang penuh berkah dinanti jutaan umat muslim di seluruh dunia untuk berlomba-lomba berburu pahala. Tak ada alasan, walau sedang bekerja atau beraktivitas sekalipun.

Beruntung kita hidup di era kecanggihan teknologi, dimana segalanya bisa dipermudah hanya dalam satu genggaman yang disebut smartphone. Karena saat ini, bertebaran aplikasi untuk penunjang meningkatkan amal ibadah.

Aplikasi ini tentu saja sangat bermanfaat, apalagi yang mempunyai tingkat aktivitas tinggi. Karena dalam keadaan senggang atau di sela-sela kesibukan, smartphone menjadi teman yang baik untuk memotivasi diri.

Nah, ekosistem iOS termasuk banyak dalam menyediakan aplikasi yang cocok dimaksimalkan untuk bulan Ramadan ini.

Dari ratusan ribu aplikasi yang tersedia di App Store, detikINET coba memilah 6 aplikasi yang pas digunakan untuk penunjang ibadah saat Ramadan. Apa saja? Berikut daftarnya:

1. Al Quran 114 Surah Audio dan Teks (Bahasa Indonesia)

Al Quran 114 Surah Audio dan Teks (Bahasa Indonesia)

Di App Store memang sudah dijejali dengan aplikasi Al Quran, baik buataan developer lokal ataupun luar negeri. Malah ada yang sudah menyediakan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Dari sekian banyak aplikasi tersebut, aplikasi Al-Quran 114 Surah besutan IIdar Khanov menjadi salah satu yang direkomendasikan detikINET.

Selain menghadirkan 114 surat lengkap dan terjemahan dalam bahasa Indonesia, pengguna juga bisa mendengarkan murrotal dengan qorinya.

Ukuran font per ayatnya pun bisa disesuaikan dengan agak merenggang. Sehingga di taruh di perangkat kecil seperti iPhone pun tak menjadi masalah.

Paling penting adalah pengguna bisa mendengarkan audio dalam posisi offline, sehingga bisa tetap terhubung di manapun dan kapanpun tanpa menguras layanan data.

Hanya saja untuk mendapatkannya pengguna harus menembusnya dengan harga USD 4,99.

2. Muslim Pro

Muslim Pro

Ini boleh dibilang merupakan aplikasi yang paling lengkap. Muslim Pro hadir menawarkan berbagai kebutuhan untuk Ramadan.

Selain jadwal salat, terdapat juga kompas kiblat, waktu salat, Al Quran, doa-doa dan banyak lagi. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mampu menunjukkan tempat masjid besar tertentu yang dekat dari lokasi pengguna.

Terlebih di versi terbarunya, pengguna bisa mendapatkan rekomendasi tempat makanan halal. Walaupun pada saat dijajal detikINET, rekomendasi yang disodorkan masih kurang detil.

Aplikasi selengkap ini untungnya bisa dinikmati secara gratis, dengan hanya mendownload di sini.

3. iPray

iPray

iPray mungkin sangat cocok bagi pengguna yang sedang dalam perjalanan ke luar kota atau bahkan di luar negeri.

Pasalnya ini adalah aplikasi penunjuk arah kiblat yang diklaim sangat akurat dalam posisi umat di manapun.Tak perlu melakukan setting, karena bisa mengakurasikan sendiri.

Selain itu terdapat jadwal shalat wajib dan waktu yang tepat untuk melakukan shalat sunah seperti Duha dan Qiyamullail.

Antarmukanya pun menarik dan dengan desain navigasi yang memudahkan penggunan.

Aplikasi iPray hadir di itunes Indonesia dengan harga Rp 39 ribu dan bisa dibeli melalui App Store.

4. Ramadan Times

Ramadan Times

Ini adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang menawarkan jadwal untuk menjalankan puasa seperti sahur atau saat berbuka.

Kalkulasi untuk menentukan saat terbit matahari dan terbenamnya pun diklaim menggunakan U.S Naval Observatory.

Tidak hanya itu, fitur lainnya yang dibenamkan adalah kalender Hijriah, alarm untuk sahur dan berbuka. Dan tone adzan saat jam-jam waktu salat telah tiba.

Membutuhkan memori 44.1 MB, aplikasi Ramadan Times dibuat oleh developer asal Pakistan dan bisa diunduh secara gratis.

5. Romadon

Romadon

Aplikasi Romadon juga menarik untuk dijadikan aplikasi jadwal Imaskiyah dengan antarmuka yang sederhana.

Romadon tidak perlu melakukan beberapa setting secara manual karena bergerak dengan basis lokasi. Sehingga saat berubah tempat pun dapat disesuaikan.

Paling penting aplikasi ini diberikan secara gratis di App Store 

6 .Al Quraan Majeed

Al Quraan Majeed

Memang sangat banyak Al Quran digital di App Store, namun satu lagi yang cocok direkomendasikan adalah aplikasi Quran Majeed ini.

Sebab, dibandingkan aplikasi lain, Quran Majeed menawarkan tampilan yang bisa diperbesar, sehingga cocok untuk dibaca di layar kecil sekalipun.

Selain itu, navigasi untuk berpindah ke surat satu ke lainnya juga mudah. Ditambah itu juga tersedia arti dalam bahasa inggris di tiap ayatnya.

Anda perlu merogoh kocek sebesar USD 4.99 untuk bisa mengunduh aplikasi ini secara resmi.

Tina Kartika 13 Jul, 2013


-
Source: http://www.lihat.co.id/2013/07/5AplikasiiOSTerbaikuntukBulanPuasa.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download 5 Aplikasi iOS Terbaik untuk Bulan Puasa

0 komentar:

Plaas 'n opmerking