Pages

Maandag 15 Julie 2013

Tips Mendidik Anak Agar Rajin Berpuasa

Postingan Kali ini Cara Terbaru Akan Memberikan Informasi Terbaru Khusus Buat Sobat Netter semua yakninya tentang Tips Mendidik Anak Agar Rajin Berpuasa, semoga bisa Bermanfaat ya Buat Sobat Semua. dan Selengkapnya Mari Kita Lihat dibawah ini



Tips Mendidik Anak Agar Rajin Berpuasa

– Mendidik anak untuk senantiasa berpuasa di bulan ramadhan adalah hal yang perlu di lakukan oleh orang tua maupun kaka, karena seperti yang anda ketahui bahwa berpuasa mendatangkan banyak manfaat contoh seperti

Berpuasa Adalah Salah Satu Rahasia Awet Muda

.

Lantas bagaiaman kita Mendidik Anak Agar Rajin Berpuasa ? Adattifa mempunyai solusi akan hal tersebut, nah berikut ini adalah 10 Trik Cara Mendidik Anak Agar Rajin Berpuasa.













1. Jelaskan tentang Ramadan

Hal pertama yang bisa Sahabat Dokter lakukan adalah menjelaskan kepada anak tentang apa itu Ramadan. Dengan menjelaskan hal tersebut, tentunya bisa membuat si anak bersemangat menjalankan ibadahnya. Jika si anak menyadari betapa pentingnya puasa, maka dirinya akan siap menjalaninya.

2. Puasa bertahap Untuk anak-anak yang baru mejalani puasa

Anda bisa mengajarinya untuk berpuasa bertahap yaitu mulai dari sahur hingga pukul 10.00 atau 12.00. Biasanya, secara perlahan anak jadi mau berpuasa hingga waktu berbuka tiba.

3. Beri sahur yang bergizi

Bangunkan anak juga untuk makan sahur selama bulan Ramadan. Berikan si anak makanan yang cukup saat sahur. Menu makanan sahur dibuat sesuai dengan kesukaan si anak dan mengandung gizi yang baik untuknya. Olehnya Sahabat Sahabat Dokter sebaiknya mencari menu makanan yang bergizi

4. Menu favorit Anak makan sahur

Ist Anda juga bisa menyiapkan menu favorit anak untuk sahur atau bebuka puasa. Sebelumnya, Anda bisa bertanya pada anak ingin sahur dan berbuka dengan makanan apa. Dengan begitu, si anak akan lebih termotivasi lagi untuk berpuasa.

5. Bersikap sabar di hadapannya

Sangat penting untuk Anda dan anggota keluarga lainnya tidak menunjukkan rasa lapar dan haus saat berpuasa di depan anak-anak. Tunjukkan pada anak kalau puasa itu harus dijalani dengan kesabaran dan tak boleh mengeluh.

6. Memberi semangat pada anak

Jangan lupa juga untuk memberikan semangat kepada si anak agar dirinya mau terus berpuasa hingga satu bulan lamanya. Misalnya, Anda bisa mengatakan, "Ayoo semangat nak, kamu pasti kuat. Hanya tinggal beberapa jam lagi." Selain itu, Anda juga bisa mengajak anak untuk menyiapkan menu buka puasa.

7. Jauhkan godaan darinya

Jauhkan segala jenis makanan yang bisa menggodanya untuk berbuka, seperti es krim, cokelat, dan makanan kesukaan si anak lainnya. Sembunyikan makanan tersebut dan usahakan si anak tetap sibuk selama puasa. Anda bisa mengajaknya untuk membaca al-quran, bermain game, dan lain sebagainya.

8. Jangan memarahinya

Jika anak tidak kuat berpuasa atau berbohong, maka sebaiknya jangan langsung dimarahi. Anak berbohong biasanya dikarenakan dirinya tak mau mengecewakan orangtuanya. Alangkah baiknya Anda menasihatinya secara baik-baik saja.

9. Memberikan hadiah

Anda bisa memberikan hadiah jika si anak menjalankan puasa sesua dengan kesepakatan. Tak ada salahnya cara ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya. Agar lebih termotivasi, Anda bisa menjanjikan hadiah tersebut saat lebaran. Itulah cara cerdas melatih anak berpuasa. Sebagai orangtua, sebaiknya Anda mengajarkan anak berpuasa sedini mungkin agar dirinya kelak menjadi anak yang taat pada agama.

10. Memberikan Contoh Yang Baik

Berikanlah anak contoh yang baik saat berpuasa. Janganlah saat berpuasa anda menunujukkan sikap yang buruk, contoh marah-marah dan hal semacam itu. Maka anak akan melihat hikmah puasa lebih dari menahan lapar.



Demikianlah informasi seputar

Tips Mendidik Anak Agar Rajin Berpuasa

semoga bisa bermanfaat untuk anda dalam

Mendidik Anak untuk Berpuasa

sumber: http://inti-kesehatan.blogspot.com/2013/07/10-cara-cerdas-mendidik-anak-berpuasa.html

Sumber



mendidik+anak+berpuasa Tips Mendidik Anak Agar Rajin Berpuasa
Tips Mendidik Anak Agar Rajin Berpuasa