Pages

Sondag 14 Julie 2013

10 Universitas dan perguruan Tinggi Terbaik di Kota Yogyakarta

10 Universitas dan perguruan Tinggi Terbaik di Kota Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan kota pelajar yang mempunyai banyak sekali Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang tersebar diberbagai wilayah di DIY. Bahkan PTN tertua dan PTS tertua terdapat di Yogyakarta, diantaranya UGM (sebagai PTN tertua) dan UII (PTS Tertua). Dan dengan Yogyakarta merupakan tempat terlahirnya berbagai cendekiawan besar Negara Indonesia ini, contohnya Ahmad Dahlan yang merupakan pendiri Muhammadiyah dengan mempunyai Universitas Muhammadiyah yang tersebar di seluruh Indonesia diantaranya di Yogyakarta yaitu UMY dan juga UAD. Dan masih banyak lagi PTN dan PTS yang mempunyai kualitas yang baik, untuk menciptakan Generasi Muda yang berprestasi.

Saya menulis ini bukan sebagai perbandingan untuk membedakan siapa yang lebih baik, yang lebih buruk. Hanya untuk sebagai bahan pertimbangan bagi yang ingin mengetahui informasi PTN/PTS terbaik versi dari 4ICU. Karena Kampus hanya sebagai faktor pendukung, yang menjadi faktor penentu terbesar hanya terdapat pada insan yang bersangkutan. Jadi jangan pernah rendah diri apabila tidak menempuh pendidikan tinggi di PTN/PTS favorit.

Berikut daftar sepuluh PTN/PTS Terbaik versi 4ICU untuk daerah Yogyakarta tahun 2013. Disini saya hanya akan memberikan ulasan sejarah dari PTN/PTS dibawah ini, yang bersumber dari web PTN/PTS bersangkutan:

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 dan merupakan Universitas yang bersifat nasional. Selainiangidkwww,lihat,co,idrankritu Universitas Gadjah Mada juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan Universitas pembina diiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia.

Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan satu program Pascasarjana (S-2 dan S-3). Universitas Gadjah Mada termasuk universitas yang tertua diiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia, berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

2. Universitasiangidkwww,lihat,co,idrankrislamiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia

Universitas Islam Indonesia

Pada tahun 1945, sidang umum Masjoemi (Majelis Sjoero Moesliminiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia) dilaksanakan. Pertemuaniangidkwww,lihat,co,idrankritu dihadiri oleh beberapa tokoh politik terkemuka masaiangidkwww,lihat,co,idrankritu termasuk diantaranya Dr. Muhammad Hatta (Wakil Presiden Pertamaiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia), Mohammad Natsir, Mohammad Roem, dan K.H. A. Wachid Hasyim. Salah satu keputusan dari pertemuaniangidkwww,lihat,co,idrankrini adalah pembentukan Sekolah Tinggiiangidkwww,lihat,co,idrankrislam (STI) oleh tokoh-tokoh terkemuka tersebut. STI kemudian didirikan pada tanggal 8 Juli 1945 bertepatan dengan 27 Rajab 1364 H dan berkembang menjadi sebuah universitas yang disebut Universitasiangidkwww,lihat,co,idrankrislamiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia (UII) sejak tanggal 3 November 1947 untuk memenuhi permintaan akan sebuah pendidikan tinggi yang mengintegrasikan pengetahuan umum dengan ajaran-ajaraniangidkwww,lihat,co,idrankrislam.

Awalnya, UII memiliki empat fakultas: Fakultas Agama, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi, yang mulai beroperasi pada Juni 1948. Sekitar tujuh bulan kemudian, UII terpaksa ditutup akibat agresi militer Belanda. Banyak siswa dan dosen bergabung dengan tentaraiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia untuk mengusir Belanda. Pada awal 1950-an, tak lama setelah perang, UII harus memindahkan aktivitas perkualiahan di beberapa tempat di kota Yogyakarta, bahkan sempat menggunakan Kraton Yogyakarta dan rumah dosen sebagai ruang kelas.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Sebagai sebuah gerakan sosial keagamaan, Muhammadiyah tak pelak lagi merupakan fenomena moderen yang didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan di Yogyakarta pada tahun 1912. Ciri moderen tersebut tampak dalam tiga hal pokok, yaitu bentuk gerakannya yang terorganisasi, aktivitas pendidikan yang mengacu pada model sekolah moderen untuk ukuran zamannya, dan pendekatan teknologis yang digunakan dalam mengembangkan aktivitas organisasi, terutama amal usahanya. Secara sederhana, dapat dijelaskan bahwa pendekatan teknologis yang digunakan bertumpu pada kecermatan membaca realitas sosial serta ketepatan memperhitungkan tantangan saatiangidkwww,lihat,co,idrankritu dan di masa depan.

Dengan pendekatan teknologisiangidkwww,lihat,co,idrankritu pula, Muhammadiyah sejak awal kehadirannya sebagai gerakaniangidkwww,lihat,co,idrankrislam, dakwah, dan tajdid, memberikan perhatian paling utama kepada pengembangan sumberdaya manusia. Perhatian utama pada pengembangan sumber daya manusiaiangidkwww,lihat,co,idrankritu jugalah yang mendorong aktivis Muhammadiyah mengikhtiarkan berdirinya suatu universitas di "ibukota" Muhammadiyah, Yogyakarta. Niat mendirikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah ada sejak lama. Prof. Dr. Kahar Muzakkir dalam berbagai kesempatan melemparkan gagasan perlu pendirian Universitas Muhammadiyah. Ketika Pimpinan Pusat Muhammadiyah Majelis Pengajaran meresmikan Fakultas Keguruan daniangidkwww,lihat,co,idrankrilmu Pendidikan di Yogyakarta pada 18 November 1960.

4. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta

Setiap tahun, Universitas Negeri Yogyakarta(UNY) memperingati tanggal 21 Mei sebagai tanggal kelahirannya. Tanggaliangidkwww,lihat,co,idrankrini adalah tanggal berdirinyaiangidkwww,lihat,co,idrankrinstitut Keguruan daniangidkwww,lihat,co,idrankrilmu Kependidikan (IKIP) Yogyakarta yang merupakan pendahulu UNY.iangidkwww,lihat,co,idrankriKIP Yogyakarta diresmikan oleh Menteri Pendidikan Tinggi daniangidkwww,lihat,co,idrankrilmu pengetahuan (PTIP) pada tanggal 21 Mei 1964.

Sejarahiangidkwww,lihat,co,idrankriKIP Yogyakarta tidak dapat dilepaskan dengan keberadaan Fakultas Pedagogik (FP) Universitas Gajah Mada yang didirikan pada tanggal 19 September !955. pada waktuiangidkwww,lihat,co,idrankritu FP UGM memiliki dua bagian, yaitu Bagian Pendidikan dan Bagian Pendidikan Jasmani.

Pada tanggal 2 Februari 1962, Fakultas Pedagogik dipecah menjadi tiga fakultas, yaitu Fakultasiangidkwww,lihat,co,idrankrilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Djasmani (FPD), dan Fakultas Keguruan daniangidkwww,lihat,co,idrankrilmu Pendidikan (FKIP). Namun pada 1963 FPD dimasukan kedalam lingkungan Departemen Olahraga dan dijadikan Sekolah Tinggi Olahraga (STO).

5. Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan pengembangan dariiangidkwww,lihat,co,idrankrinstitut Keguruan daniangidkwww,lihat,co,idrankrilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta,iangidkwww,lihat,co,idrankrinstitut Keguruan daniangidkwww,lihat,co,idrankrilmu Pnedidikan Muhammadiyah Yogyakarta sebagai lembaga Pendidikan Tinggi merupakan pengembangan FKIP Muhammadiyah Cabang Jakarta di Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 18 November 1960. FKIP Muhamadiyah merupakan kelanjutan kursus BI Muhammadiyah di Yogyakarta yang didirikan tahun 1957, pada waktuiangidkwww,lihat,co,idrankritu kursus BI memiliki Jurusaniangidkwww,lihat,co,idrankrilmu Mendidik, Civic Hukum dan Ekonomi.

Pada tanggal 19 Desember 1994 dengan Surat Keputusan (SK) Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republikiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia Nomor : 102 /D0/1994 diterapkan bahwaiangidkwww,lihat,co,idrankriKIP Muhamadiyah Yogyakarta beralih Fungsi menjadi Universitas Ahmad Dahlan.

6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi – Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untukiangidkwww,lihat,co,idrankrikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.

Sejak 31 Agustus 1973 Universitas Katolikiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia Atma Jaya Cabang Yogyakarta melepaskan diri dari Universitas Katolikiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia Atmajaya di Jakarta, dan berdiri sendiri sebagai UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

7. Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas Kristen Duta Wacana

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) didirikan pada tahun 1985 sebagai pengembangan dari Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana yang berdiri sejak 31 Oktober 1962 hasil penggabungan antara Akademi Theologia Jogjakarta dan Sekolah Theologia Bale Wiyata, Malang.

Selanjutnya berkembang hingga sekarang menjadi Universitas Kristen Duta Wacana dengan 5 fakultas dan 13 program studi.

8. Universitasiangidkwww,lihat,co,idrankrislam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Periodeiangidkwww,lihat,co,idrankrini dimulai dengan Penegerian Fakultas Agama Universitasiangidkwww,lihat,co,idrankrislamiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia (UII) menjadi Perguruan Tinggi Agamaiangidkwww,lihat,co,idrankrislam (PTAIN) yang diatur dengan Peraturan Presiden Nomor 34 Tahun 1950 Tanggal 14 Agustus 1950 dan Peresmian PTAIN pada tanggal 26 September 1951.

Pada Periodeiangidkwww,lihat,co,idrankrini, terjadi pula peleburan PTAIN (didirikan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 34 Tahun 1950) dan ADIA (didirikan berdasarkan Penetapan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 1957) dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1960 Tanggal 9 Mei 1960 tentang Pembentukaniangidkwww,lihat,co,idrankrinstitut Agamaiangidkwww,lihat,co,idrankrislam Negeri (IAIN) dengan nama Al-Jami'ah al-Islamiyah al-Hukumiyah. pada periodeiangidkwww,lihat,co,idrankrini, PTAIN berada di bawah kepemimpinan KHR Moh Adnan (1951-1959) dan Prof. Dr. H. Mukhtar Yahya (1959-1960).

9. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Ide untuk mendirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) oleh Prof. Moh. Yamin, S.H. (Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan RI) pada tahun 1950-an disambut baik oleh paraiangidkwww,lihat,co,idrankrimam Katolik, terutama Ordo Societas Jesus (Serikat Yesus yang lazim disingkat S.J.). Waktuiangidkwww,lihat,co,idrankritu Ordoiangidkwww,lihat,co,idrankrini telah membuka kursus-kursus B1, antara lain B1 Mendidik (Yayasan De Britto) di Yogyakarta yang dikelola oleh Pater H. Loeff, S.J. dan B1 Bahasaiangidkwww,lihat,co,idrankringgris (Yayasan Loyola) di Semarang yang dikelola oleh pater W.J. Van der Meulen, S.J. dan Pater H. Bastiaanse, S.J.

Dengan dukungan dari Conggregatio de Propaganda Fide, selanjutnya Pater Kester yang waktuiangidkwww,lihat,co,idrankritu menjabat sebagai Superior Misionaris Serikat Yesus menggabungkan kursus-kursusiangidkwww,lihat,co,idrankrini menjadi sebuah perguruan tinggi dan lahirlah PTPG Sanata Dharma pada tanggal 20 Oktober 1955 dan diresmikan oleh pemerintah pada tanggal 17 Desember 1955.

10.iangidkwww,lihat,co,idrankrinstitut Seniiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Institut Seniiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia Yogyakrata atau dikenal denganiangidkwww,lihat,co,idrankriSI Jogja adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi seni negeri yang berstatus perguruan tinggi penuh, dan memiliki kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan sampai ke jenjang tertinggi dan merupakan perguruan tinggi seni terbesar & terbaik diiangidkwww,lihat,co,idrankrindonesia.iangidkwww,lihat,co,idrankriSI Jogja dibentuk atas Keputusan Presiden RI No: 39/1984 tanggal 30 Mei 1984, dan diresmikan berdirinya oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto, pada tanggal 23 Juli 1984.

Itu merupakan daftar 10 PTN/PTS terbaik di Yogyakarta versi 4ICU. Sekali tidak ada maksud untuk membanding-bandingkan mana yang lebih baik dan lebih buruk, hanya untuk referensi untuk teman-teman sebagai bahan pertimbangan. Dan saya tekankan, mereka (PTN/PTS) hanya sebagai pendukung, yang menentukan semua kesuksesan kita dimasa depan adalah pada diri kita sendiri. Di Yogyakarta masih banyak sekali PTN/PTS yang berkualitas.!

Tina Kartika 15 Jul, 2013


-
Source: http://www.lihat.co.id/2013/07/10UniversitasdanperguruanTinggiTerbaikdiKotaYogyakarta.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download 10 Universitas dan perguruan Tinggi Terbaik di Kota Yogyakarta

0 komentar:

Plaas 'n opmerking