Pages

Saterdag, 13 Julie 2013

10 Negara Berkembang dengan kualitas Hidup Terburuk di Dunia

Ingin hidup lebih baik? Jangan sampai pindah ke negara-negara ini karena masuk peringkat negara dengan kualitas hidup paling buruk menurut Organization for Economic Coorperation and Development's (OECD).

OECD adalah organisasi tingkat dunia yang menganalisis 34 negara anggotanya dalam 11 kategori seperti pendapatan perkapita, tempat tinggal, pekerjaan, pergaulan, pendidikan, lingkungan, kehidupan sosial, kesehatan, kepuasan hidup, kenyamanan, dan keseimbangan hidup.

Berikut ini 10 negara dengan nilai terendah dengan kualitas hidup paling buruk yang diukur dengan beberapa kriteria seperti dikutip detikFinance dari Business Insider:

10. Korea Selatan

Rata-rata pendapatan per kapita: US$ 17.337

Korea Selatan
[lihat.co.id] - Penduduk Korea Selatan dinilai pekerja keras. Hampir sebagian besar penduduknya mengambil risiko dengan bekerja rata-rata 2.090 jam per tahun, jauh lebih tinggi daripada rata-rata negara OECD yaitu 1.776 jam.

Negara ini juga memiliki partikel polusi udara 33 mikrogram per meter kubik (PM10). Partikel polutan udara yang cukup kecil ini masuk dan merusak paru-paru. Angka ini jauh lebih tinggi dari rata-rata negara OECD yang hanya 21 mikrogram.

9. Portugal

Rata-rata pendapatan per kapita: US$ 19.366

Portugal
[lihat.co.id] - Ada kesenjangan sosial yang cukup tinggi antara orang kaya dan miskin di Portugal: 20% orang kaya di Portugal punya pendapatan enam kali lebih banyak.

Sedangkan 32% penduduknya berusia dewasa yaitu antara 25-64 tahun dengan pendidikan setara kelas menengah. Namun jumlah pemilih yang baru mengikuti pemilu dikatakan rendah baru 58%.

8. Hungaria

Rata-rata pendapatan per kapita: US$ 13.858

Hungaria
[lihat.co.id] - Sebanyak 58% dari penduduk yang berusia 15-64 tahun memiliki pekerjaan. Dari jumlah itu  81% diantaranya telah mendapatkan pendidikan setara sekolah menengah.

Harapan hidup di Hungaria saat lahir hanya 75 tahun atau 5 tahun lebih rendah dari rata-rata negara OECD. Kemudian 69% masyarakat Hongaria mengklaim mereka biasa melakukan hal positif setiap satu harinya ketimbang tindakan negatif.

7. Yunani

Rata-rata pendapatan per kapita: US$ 20.440

Yunani
[lihat.co.id] - Di Yunani, 65% orang dewasa yang berusia antara 25-64 tahun telah mendapatkan gelar setara sekolah tinggi. Kemudian rata-rata siswa mencetak skor 473 untuk pengujian International Student Assessment jauh di bawah rata-rata negara OECD dengan skor 497.

Meskipun harapan hidup mereka berada di atas rata-rata negara OECD, mereka memiliki polutan tingkat tinggi di atmosfer (PM10) yaitu 31 mikrogram per meter kubik.

6. Estonia

Rata-rata pendapatan per kapita: US$ 12.800

Estonia
[lihat.co.id] - Estonia telah membuat kemajuan dalam beberapa dekade terakhir untuk meningkatkan kualitas hidup bagi warga negara mereka dengan memperkuat sistem pendidikan.

Jumlah pemilih di negara Estonia masih di bawah rata-rata negara OECD sebesar 64%. Hanya 69% masyarakat Estonia yang mengatakan melakukan hal yang positif dalam sehari ketimbang tindakan negatif.

Estonia juga adalah salah satu negara yang terendah dalam daftar rata-rata pendapatan rumah tangga.

5. Rusia

Rata-rata pendapatan per kapita: US$ 15.286

Rusia
[lihat.co.id] - Harapan hidup rata-rata pada saat lahir di Rusia hanya 70 tahun atau jauh di bawah rata-rata negara OECD yaitu 80 tahun. Jumlah pemilih yang tercatat terakhir di negara Rusia baru 65% atau di bawah rata-rata negara OECD yaitu 72%.

4. Brasil

Rata-rata pendapatan per kapita: US$ 23.047

Brasil
[lihat.co.id] - Meskipun tingkat kepuasan hidup tampak terlihat tinggi, namun Brasil tetap tercatat kurang baik menurut kacamata OECD.

Sebanyak 68% dari orang berusia antara 15-64 memiliki pekerjaan. Dari jumlah itu, 12% memiliki jam kerja yang sangat panjang. Namun hanya 41% penduduk Brazil telah mendapatkan pendidikan setara tingkat sekolah menengah.

3. Chili

Rata-rata pendapatan per kapita: US$ 11.039

Chili
[lihat.co.id] - Chili memiliki rata-rata terendah penggunaan pendapatan rumah tangga yang hanya US$ 11.000 per tahun. Ada kesenjangan yang besar antara orang kaya dan miskin, di mana 20% penduduknya mendapatkan penghasilan 13 kali lipat dari warga biasa.

Chili juga memiliki tingkat polutan udara yang sangat tinggi (PM10) yaitu 53 mikrogram per meter kubik atau lebih tinggi dari rata-rata negara OECD yang hanya 30 mikrogram per meter kubik yang menyebabkan kerusakan paru-paru.

2. Meksiko

Rata-rata pendapatan per kapita: US$ 12.732

Meksiko
[lihat.co.id] - Meskipun kemajuan luar biasa selama beberapa dekade terakhir, Meksiko masih menjadi salah satu negara berkembang yang terburuk dalam daftar OECD.

Hanya 60% dari orang yang berusia antara 15-64 tahun yang memiliki pekerjaan. Kemudian banyak diantaranya yang melakukan kerja sekitar 2.250 jam per tahun atau jauh lebih tinggi daripada rata-rata negara OECD 1.776 jam.

Walaupun ada peningkatan pendidikan, namun hanya 36% penduduk Meksiko yang telah mendapatkan pendidikan setara dengan tingkat sekolah menengah.

1. Turki

Rata-rata pendapatan per kapita: US$ 23.047

Turki
[lihat.co.id] - Dua tahun berturut-turut, Turki berada di bawah daftar OECD. Sebanyak 31% penduduknya memiliki pendidikan setara dengan tingkat sekolah menengah dan 48% orang di antaranya memiliki pekerjaan.

Namun hanya 68% warga Turki mengatakan mereka melakukan hal positif rata-rata dalam ketimbang tindakan negatif.

Tina Kartika 14 Jul, 2013


-
Source: http://www.lihat.co.id/2013/07/10NegaraBerkembangdengankualitasHidupTerburukdiDunia.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download 10 Negara Berkembang dengan kualitas Hidup Terburuk di Dunia

0 komentar:

Plaas 'n opmerking