Pages

Vrydag, 12 Julie 2013

10 Menu Favorit Buka Puasa di berbagai Negara di Dunia


10 Menu Favorit Buka Puasa di berbagai Negara di Dunia
Satu hal yang tak terlupa saat menjalani puasa di bulan suci Ramadan adalah makanan saat berbuka puasa. Sudah menjadi kebiasaan umat Muslim jika mereka seringkali menyiapkan berbagai hal-hal segar untuk sajian berbuka. Orang Indonesia tak asing dengan sajian berbuka kolak. Karena rasa kolak yang manis dan serta mengenyangkan menjadi pilihan favorit untuk berbuka puasa di berbagai daerah di Indonesia. Lantas bagaimana dengan sajian berbuka di negara-negara lain? Apakah seunik di Indonesia? Intip saja ini yuk berikut 10 Menu Favorit Buka Puasa di berbagai Negara di Dunia Seperti dilansir kapanlagi:


1. Arab Saudi - Kurma 

Arab Saudi - Kurma
[lihat.co.id] -Kota Madinah di Arab Saudi adalah negara penghasil kurma nomor satu di dunia dengan total 120 jenis kurma. Rasa kurma yang manis sedikit masam serta menyehatkan dan jumlahnya yang membludak membuat kurma menjadi makanan favorit berbuka puasa. Jika kamu mendapat kesempatan umroh saat Ramadan, siapkan mulutmu untuk terbiasa memakan kurma ya.


2. Malaysia - Nasi Lemak

Malaysia - Nasi Lemak
[lihat.co.id] -Negara tetangga Indonesia yang juga mayoritas berpenduduk Muslim adalah Malaysia. Di sana nasi lemak menjadi menu favorit saat berbuka. Muslim Malaysia menganggap tak lengkap jika berbuka puasa tanpa nasi lemak. Selain itu air tebu juga menjadi menu minuman favorit yang rasanya segar.

3. Turki - Roti Pide

Turki - Roti Pide
[lihat.co.id] -Antusias berbuka puasa di Turki hampir sama dengan di Indonesia. Satu hal yang pasti kamu temui saat berbuka puasa Ramadan di Turki adalah roti pide yakni roti panggang yang hanya dijual selama bulan Ramadan saja. Roti pide sendiri adalah makanan tradisional Turki yang dijuluki pizza Turki dengan berbagai topping seperti daging giling, sosis khas Turki, telur, dan lainnya.

4. Indonesia - Kolak

Indonesia - Kolak
[lihat.co.id] -Berbahagialah kamu Muslim Indonesia karena negeri kita ini memiliki banyak sekali kue khas Ramadan. Namun yang cukup favorit di berbaga daerah adalah kolak. Kolak adalah makanan manis yang terbuat dari santan dan gula merah sebagai kuah serta berbagai isi yang seringkali berupa buah. Memakan kolak saat berbuka, kamu akan merasa segar kembali setelah berpuasa seharian.


5. Lebanon - Mezza

Lebanon - Mezza
[lihat.co.id] -Mezza adalah makanan yang memiliki bahan utama daging dan kamu harus memakai tangan untuk memakannya. Makanan ini memiliki paduan potongan tomat, acar, serta kacang-kacangan. Tak lengkap rasanya berbuka puasa di Lebanon jika kamu belum menyantap kelezatan Mezza. Eits, jangan ngiler dulu ya.
6. Singapura - Nasi Briyani 
Singapura - Nasi Briyani
[lihat.co.id] -Selain Malaysia, Singapura juga menjadi negara tetangga Indonesia dengan banyak penduduk Muslim. Di Singapura umat Muslim kebanyakan berasal dari Indonesia dan keturunan India sehingga tak heran jika kuliner India menjadi favorit berbuka di sana. Salah satu yang sangat digemari adalah nasi briyani sebagai makanan berbuka di Singapura yang tentunya mengenyangkan.

7. Mesir - Medames

Mesir - Medames
[lihat.co.id] -Jika kamu mahasiswa Al-Azhar, Mesir dan harus menghabiskan bulan suci Ramadan di Mesir maka kamu tak akan asing dengan medames. Medames adalah makanan yang disebutkan sebagai makanan kuno semenjak jaman Firaun lamanya. Disebutkan medames terbuat dari kacang fava yang melihatnya saja membuat ingin makan segera.

8. Brunei Darusallam - Kepiting Rebus

Brunei Darusallam - Kepiting Rebus
[lihat.co.id] -Jika menu berbuka puasa berbagai negara cenderung adalah makanan yang manis, namun tidak bagi Brunei Darusallam. Negeri Muslim di Asia Tenggara ini justru memilih kepiting rebus sebagai makanan favorit berbuka. Bukan mengada-ngada, karena penjual kepiting rebus justru menjadi sasaran banyak orang saat mencari hidangan berbuka waktu Ramadan.

9. Yordania - Mansaf

Yordania - Mansaf
[lihat.co.id] -Selain kolak, ketupat adalah makanan khas Ramadan dan Lebaran di Indonesia. Namun di Yordania yang khas adalah mansaf. Mansaf terbuat dari daging domba dengan bumbu rempat yang saat makan ditemani dengan qatayef, sejenis pancake dengan kenari plus sirup madu.

10. Bangladesh - Samosa

Bangladesh - Samosa
[lihat.co.id] -Hampir sama dengan di Indonesia, Bangladesh juga memiliki banyak sekali makanan khas. Namun salah satu yang paling favorit adalah samosa. Pada dasarnya samosa adalah camilan dengan isi daging giling dan bawang serta rempah-rempah yang kemudian digoreng renyah. Cukup sebagai makanan ringan saat berbuka.

Tina Kartika 12 Jul, 2013


-
Source: http://www.lihat.co.id/2013/07/10MenuFavoritBukaPuasadiberbagaiNegaradiDunia.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download 10 Menu Favorit Buka Puasa di berbagai Negara di Dunia

0 komentar:

Plaas 'n opmerking