Pages

Vrydag 12 Julie 2013

10 Masjid Terunik di Indonesia dan Diberbagai Belahan Dunia

10 Masjid Terunik di Indonesia dan Diberbagai Belahan Dunia

Masjid tak sekadar tempat beribadah umat Muslim. Masjid justru menjadi objek wisata religi, karena keberagaman budaya yang membuat masjid selalu tampak beda di setiap kota dan negara.

Ada masjid tradisional dengan kearifan lokal yang kuat. Ada juga masjid dengan arsitektur maha karya. Inilah 10 masjid unik di Indonesia dan dunia,dikutip dari travel.detik:


1. Masjid Pink, Malaysia


Masjid Pink, Malaysia

[lihat.co.id] -

Jreng! Mungkin itu kesan pertama yang terlintas di pikiran banyak traveler saat melihat Masjid Pink di Putrajaya, Malaysia. Sesuai julukannya, masjid yang memiliki nama asli Masjid Putra ini memiliki warna pink. Keunikan inilah yang mengundang banyak pelancong dari berbagai kepercayaan ingin singgah.


2. Masjid Sehitlik, Jerman


Masjid Sehitlik, Jerman

[lihat.co.id] -

Mengusung arsitektur Usmaniyah klasik, Masjid Sehitlik tampil memukau di Berlin, Jerman. Kubah besar dan menara kembar menjadi arsitektur utama masjid yang dibangun para imigran Turki.

Berbagai kaligrafi menghiasi dinding dan langit-langit masjid. Menengok ke mimbar khutbah, Anda akan diperlihatkan mimbar tinggi yang dihias dengan ornamen geometris khas Islam. Masjid Jerman dengan rasa Turki.


3. Taipei Grand Mosque, Taiwan


Taipei Grand Mosque, Taiwan

[lihat.co.id] -

Wisatawan muslim kini tidak perlu bingung lagi harus salat dimana saat berada di Taiwan. Di tengah Kota Taipei, ada Taipei Grand Mosque. Inilah masjid terbesar dan paling terkenal di Taiwan.


4. Masjid Jama, India


Masjid Jama, India

[lihat.co.id] -

Meski mayoritas penduduk India beragama Hindu, ternyata negara ini juga memiliki masjid megah, Jama namanya. Masih ini dibangun di Delhi, oleh orang yang membuat Taj Mahal, yakni Mughal Shah Jahan.

Sudah ada sejak tahun 1656, Masjid Jama Delhi ternyata tetap berdiri kokoh. Arsitekturnya pun tetap tampak menawan dengan berbagai peninggalan antik termasuk salinan Al Quran yang ditulis pada kulit rusa.


5. Masjid Kul Syarif, Rusia


Masjid Kul Syarif, Rusia

[lihat.co.id] -

Negeri Vodka Rusia ternyata juga punya masjid megah, yakni Kul Syarif dan berada di Kota Kazan, Rusia. Masjid dengan arsitektur indah ini berada dalam benteng yang disebut Kremlin Kazan.

Uniknya, Masjid Kul Syarif juga bersebelahan dengan gereja-gereja di dalam Kremlin. Meski begitu, kerukunan antar umat beragama tercipta di sana. Inilah yang membuat semakin menarik.


6. Masjid Cheng Hoo, Surabaya


Masjid Cheng Hoo, Surabaya

[lihat.co.id] -

Tak mau kalah dengan negara lain, Indonesia juga punya masjid dengan karakteristik yang unik. Di Surabaya, Masjid Cheng Hoo hadir dengan arsitektur tak biasa.

Masjid ini menonjolkan perpaduan unik dari China, Timur Tengah dan Jawa di Surabaya. Lebih menarik lagi, masjid ini berbentuk seperti kelenteng.


7. Masjid Terapung, Makassar


Masjid Terapung, Makassar

[lihat.co.id] -

Berada di Makassar, Masjid Amirul Mukminin menjadi masjid terapung pertama di Indonesia. Masjid yang berada di kawasan Pantai Losari ini, berdiri tegak di atas perairan.

Agar memberi kesan terapung, bagian bawah bangunan ditopang oleh banyak tiang. Inilah salah satu destinasi wajib traveler yang sedang singgah di Makassar, Sulsel.


8. Masjid Kubah Emas, Depok


Masjid Kubah Emas, Depok

[lihat.co.id] -

Bertahtakan kubah emas, Masjid Dian Al Mahri sontak jadi destinasi yang paling diburu banyak umat Muslim. Saking megahnya, Masjid Kubah Emas ini masuk dalam 10 masjid paling mengagumkan di dunia versi Lonely Planet.


9. Masjid Al Muqsith, Bogor


Masjid Al Muqsith, Bogor

[lihat.co.id] -

Masjid keren di Puncak teryata tak cuma Masjid Atta'awun, ada juga Masjid Al Muqsith. Yang unik, masjid ini memiliki atap mirip tenda, karena itulah masjid ini sering disebut Masjid Tenda. Kini, Masjid Al Muqsith hadir sebagai salah satu rumah ibadah muslim dengan arsitektur modern minimalis.


10. Masjid Bayan Beleq, Lombok


Masjid Bayan Beleq, Lombok

[lihat.co.id] -

Ada filosofi unik yang bisa wisatawan dapatkan begitu datang ke Masjid Bayan Beleq di Lombok. Masjid yang berada di lingkungan Suku Bayan ini mengenal istilah Wetu Telu.

Waktu Telu yang artinya Islam Waktu Tiga. Dalam filosofi ini, kehidupan selalu menyeimbangkan tiga hal, seperti masa lalu, sekarang, dan masa depan.

via lihat.co.id | Lihat di Sekitar Apa yang Terjadi? http://www.lihat.co.id/2013/07/10MasjidTerunikdiIndonesiadanDiberbagaiBelahanDunia.html

Judul : 10 Masjid Terunik di Indonesia dan Diberbagai Belahan Dunia
Deskripsi : Masjid tak sekadar tempat beribadah umat Muslim. Masjid justru menjadi objek wisata religi, karen...

Bagikan ke

Facebook Google+ Twitter

12 Jul, 2013


-
Source: http://feedproxy.google.com/~r/Dawntweets/~3/8wH7rP83wGc/10-masjid-terunik-di-indonesia-dan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download 10 Masjid Terunik di Indonesia dan Diberbagai Belahan Dunia

0 komentar:

Plaas 'n opmerking