Pages

Vrydag, 12 Julie 2013

10 Masjid Terunik di Indonesia dan Diberbagai Belahan Dunia

10 Masjid Terunik di Indonesia dan Diberbagai Belahan Dunia
Masjid tak sekadar tempat beribadah umat Muslim. Masjid justru menjadi objek wisata religi, karena keberagaman budaya yang membuat masjid selalu tampak beda di setiap kota dan negara.

Ada masjid tradisional dengan kearifan lokal yang kuat. Ada juga masjid dengan arsitektur maha karya. Inilah 10 masjid unik di Indonesia dan dunia,dikutip dari travel.detik:

1. Masjid Pink, Malaysia

Masjid Pink, Malaysia
[lihat.co.id] - Jreng! Mungkin itu kesan pertama yang terlintas di pikiran banyak traveler saat melihat Masjid Pink di Putrajaya, Malaysia. Sesuai julukannya, masjid yang memiliki nama asli Masjid Putra ini memiliki warna pink. Keunikan inilah yang mengundang banyak pelancong dari berbagai kepercayaan ingin singgah.

2. Masjid Sehitlik, Jerman

Masjid Sehitlik, Jerman
[lihat.co.id] - Mengusung arsitektur Usmaniyah klasik, Masjid Sehitlik tampil memukau di Berlin, Jerman. Kubah besar dan menara kembar menjadi arsitektur utama masjid yang dibangun para imigran Turki.

Berbagai kaligrafi menghiasi dinding dan langit-langit masjid. Menengok ke mimbar khutbah, Anda akan diperlihatkan mimbar tinggi yang dihias dengan ornamen geometris khas Islam. Masjid Jerman dengan rasa Turki.

3. Taipei Grand Mosque, Taiwan

Taipei Grand Mosque, Taiwan
[lihat.co.id] - Wisatawan muslim kini tidak perlu bingung lagi harus salat dimana saat berada di Taiwan. Di tengah Kota Taipei, ada Taipei Grand Mosque. Inilah masjid terbesar dan paling terkenal di Taiwan.

4. Masjid Jama, India

Masjid Jama, India
[lihat.co.id] - Meski mayoritas penduduk India beragama Hindu, ternyata negara ini juga memiliki masjid megah, Jama namanya. Masih ini dibangun di Delhi, oleh orang yang membuat Taj Mahal, yakni Mughal Shah Jahan.

Sudah ada sejak tahun 1656, Masjid Jama Delhi ternyata tetap berdiri kokoh. Arsitekturnya pun tetap tampak menawan dengan berbagai peninggalan antik termasuk salinan Al Quran yang ditulis pada kulit rusa.

5. Masjid Kul Syarif, Rusia

Masjid Kul Syarif, Rusia
[lihat.co.id] - Negeri Vodka Rusia ternyata juga punya masjid megah, yakni Kul Syarif dan berada di Kota Kazan, Rusia. Masjid dengan arsitektur indah ini berada dalam benteng yang disebut Kremlin Kazan.

Uniknya, Masjid Kul Syarif juga bersebelahan dengan gereja-gereja di dalam Kremlin. Meski begitu, kerukunan antar umat beragama tercipta di sana. Inilah yang membuat semakin menarik.

6. Masjid Cheng Hoo, Surabaya

Masjid Cheng Hoo, Surabaya
[lihat.co.id] - Tak mau kalah dengan negara lain, Indonesia juga punya masjid dengan karakteristik yang unik. Di Surabaya, Masjid Cheng Hoo hadir dengan arsitektur tak biasa.

Masjid ini menonjolkan perpaduan unik dari China, Timur Tengah dan Jawa di Surabaya. Lebih menarik lagi, masjid ini berbentuk seperti kelenteng.

7. Masjid Terapung, Makassar

Masjid Terapung, Makassar
[lihat.co.id] - Berada di Makassar, Masjid Amirul Mukminin menjadi masjid terapung pertama di Indonesia. Masjid yang berada di kawasan Pantai Losari ini, berdiri tegak di atas perairan.

Agar memberi kesan terapung, bagian bawah bangunan ditopang oleh banyak tiang. Inilah salah satu destinasi wajib traveler yang sedang singgah di Makassar, Sulsel.

8. Masjid Kubah Emas, Depok

Masjid Kubah Emas, Depok
[lihat.co.id] - Bertahtakan kubah emas, Masjid Dian Al Mahri sontak jadi destinasi yang paling diburu banyak umat Muslim. Saking megahnya, Masjid Kubah Emas ini masuk dalam 10 masjid paling mengagumkan di dunia versi Lonely Planet.

9. Masjid Al Muqsith, Bogor

Masjid Al Muqsith, Bogor
[lihat.co.id] - Masjid keren di Puncak teryata tak cuma Masjid Atta'awun, ada juga Masjid Al Muqsith. Yang unik, masjid ini memiliki atap mirip tenda, karena itulah masjid ini sering disebut Masjid Tenda. Kini, Masjid Al Muqsith hadir sebagai salah satu rumah ibadah muslim dengan arsitektur modern minimalis.

10. Masjid Bayan Beleq, Lombok

Masjid Bayan Beleq, Lombok
[lihat.co.id] - Ada filosofi unik yang bisa wisatawan dapatkan begitu datang ke Masjid Bayan Beleq di Lombok. Masjid yang berada di lingkungan Suku Bayan ini mengenal istilah Wetu Telu.

Waktu Telu yang artinya Islam Waktu Tiga. Dalam filosofi ini, kehidupan selalu menyeimbangkan tiga hal, seperti masa lalu, sekarang, dan masa depan.

Tina Kartika 12 Jul, 2013


-
Source: http://www.lihat.co.id/2013/07/10MasjidTerunikdiIndonesiadanDiberbagaiBelahanDunia.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download 10 Masjid Terunik di Indonesia dan Diberbagai Belahan Dunia

0 komentar:

Plaas 'n opmerking