Pages

Sondag, 14 Julie 2013

Cara Makan Sahur Agar Tidak Cepat Lapar

CiriCara.com – Saat menjalankan ibadah puasa, sejumlah orang banyak makan pada saat sahur dan berbuka puasa hingga membuat perutnya merasa penuh. Padahal, melakukan hal tersebut tak baik untuk kesehatan karena menimbulkan gangguan pencernaan.


Ilustrasi makan sahur - Ist

Ilustrasi makan sahur – Ist


Bukan hanya itu saja, makan terlalu kenyang pada saat sahur dan berbuka puasa juga bisa membuat Anda jadi cepat lemas dan malas untuk beraktivitas. Untuk itu, Anda disarankan agar makan sahur dan berbuka dengan cara yang benar.

Baca juga: Cara aman dan sehat berbuka puasa .

Pada saat berbuka puasa Anda disarankan untuk makan secukupnya saja, Jangan jadikan buka puasa sebagai ajang balas dendam karena tidak makan seharian. Selain itu, Anda juga disarankan untuk makan sahur yang benar agar tidak merasa cepat lapar. Biasanya, pada siang hari sebagian orang sudah merasa lapar.

Untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya Anda makan sahur yang benar. Dilansir dari Vemale.com, berikut cara makan sahur agar tidak cepat lapar:


1. Makan secara perlahan

Pada saat sahur, sebaiknya jangan mengunyah makanan terburu-buru. Anda harus mengunyah makanan itu secara perlahan saja. Cara makan seperti itu akan membuat Anda lebih menikmati makanan dan pencernaan akan terserap dengan optimal. Dengan begitu, nutrisi makan bisa digunakan dengan baik selama berpuasa.

Baca juga: Cara agar tidak kesiangan makan sahur .


2. Mengonsumsi buah-buahan


Mengonsumsi buah-buahan saat sahur - Ist

Mengonsumsi buah-buahan saat sahur – Ist


Mengonsumsi beserta lauknya saja itu tidak cukup untuk sahur. Sebaiknya, Anda juga mengonsumsi berbagai jenis sayur dan buah-buahan. Kandungan dalam sayur dan buah itu memberikan tenaga yang lebih dan tahan lebih lama. Ketahuilah bahwa 2 potong ayam bisa memberi Anda nutrisi yang setara dengan mengonsumsi beberapa buah dan sayuran. Selain itu, makan buah kurma juga bisa Anda makan pada saat sahur.


3. Perbanyak minum air putih

Walaupun sedang berpuasa, namun Anda harus tetap memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Setelah makan sahur, Anda bisa meminum air putih secukupnya. Agar bisa meminum cukup air putih, sebaiknya Anda makan sahur jangan terlalu mendekati waktu imsak. Selain air putih, Anda juga bisa meminum jus buah.


4. Jangan kembali tidur

Sebaiknya jangan tidur setelah makan sahur agar metabolisme Anda tetap aktif dan lancar. Tubuh Anda akan lemas dan menjadi cepat lapar setelah bangun tidur. Untuk itu, setelah makan sahur, sebaiknya lanjutkan dengan saat subuh dan tadarusan hingga matahari terbit.

Itulah cara makan sahur agar tidak cepat lapar. Tak ada salahnya untuk menerapkan 4 cara di atas agar puasa Anda selalu lancar. Jika makan dengan porsi yang cukup dan memenuhi nutrisi, maka Anda akan tetap terlihat segar dan tak merasa lapar saat sedang berpuasa. Selamat berpuasa. (NR)

via CiriCara http://ciricara.com/2013/07/15/cara-makan-sahur-agar-tidak-cepat-lapar/

Judul : Cara Makan Sahur Agar Tidak Cepat Lapar
Deskripsi : CiriCara.com – Saat menjalankan ibadah puasa, sejumlah orang banyak makan pada saat sahur dan berbuka puasa hingga membuat perutnya meras...

Bagikan ke

Facebook Google+ Twitter

15 Jul, 2013


-
Source: http://feedproxy.google.com/~r/Dawntweets/~3/KLJt7tw0_14/cara-makan-sahur-agar-tidak-cepat-lapar.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Cara Makan Sahur Agar Tidak Cepat Lapar

0 komentar:

Plaas 'n opmerking