Pages

Saterdag, 13 Julie 2013

14 Arsitektur Islam menakjubkan dan paling Indah di Dunia

14 Arsitektur Islam menakjubkan dan paling Indah di Dunia

Arsitektur bangunan yang indah dan menawan ini sebagai perlambang kejayaan Islam.Berikut 14 Arsitektur Islam menakjubkan dan paling Indah di Dunia,dikutip dari Merdeka:

1.Masjid Agung Umayyad 

Masjid Agung Umayyad
[lihat.co.id] - Berada di kota Damaskus, Suriah. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar dan tertua di dunia. Di masjid ini terdapat makam suci yang diyakini berisi kepala Yohanes Pembaptis (Yahya), yang dihormati sebagai nabi baik oleh Kristen maupun Islam.

2.Registan Square

Registan Square
[lihat.co.id] - Berada di kota kuno Samarkand, Uzbekistan. Tempat ini digunakan penduduk sekitar untuk berkumpul mendengarkan pengumuman dari kerajaan. Registran Square memiliki arsitektur bangunan yang indah dan menawan.

3.Masjid Kalan 

Masjid Kalan
[lihat.co.id] - Berada di Kota Bukhara, Uzbekistan. Masjid ini memiliki menara setinggi 45,6 meter yang di kenal sebagai 'Tower Of Death' karena sebagian penjahat dieksekusi dengan cara dijatuhkan dari atas menara. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1541.

4.Masjid Jami

Masjid Jami
[lihat.co.id] - Berada di New Delhi, India. Masjid ini dinamai Jami karena selalu dipenuhi jemaah untuk menunaikan salat jumat dan mampu menampung hingga 25.000 jemaah. Di masjid ini juga terdapat relik termasuk manuskrip Alquran yang tertulis di kulit rusa.

5.Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman
[lihat.co.id] - Terletak di Banda Aceh, Indonesia. Pada 1873 masjid ini pernah dibakar oleh Belanda, dan dibangun kembali pada 1875. Masjid ini memiliki ukiran yang indah, halaman yang luas dan udara yang sejuk di dalam masjid menjadikannya sebagai masjid yang sangat indah.

6.Masjid Ibnu Tulun

Masjid Ibnu Tulun
[lihat.co.id] - Berada di kota Kairo, Mesir. Masjid Ibnu Tulun dibangun pada tahun 876-879 di masa pemerintahan Ahmad Ibnu Tulun, penguasa Mesir pertama selama 135 tahun. Masjid yang sudah berumur ratusan tahun ini menjadi salah satu peninggalan masa kejayaan Islam di Mesir.

7.Masjid Besar Kordoba

Masjid Besar Kordoba
[lihat.co.id] - Pada 15 Desember 1994, Masjid Besar Kordoba, Spanyol ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu tempat peninggalan bersejarah di dunia. 
Masjid Besar Kordoba
[lihat.co.id] - Gedung masjid ini juga pernah diubah fungsi menjadi gereja, sekarang keseluruhan bangunan ini diubah fungsi menjadi gedung katedral diosese Cordoba di Spanyol.

8.Kubah Shakhrah 

Kubah Shakhrah
[lihat.co.id] - Merupakan tempat suci bagi umat Islam dan Yahudi yang berada di Yerusalem, Palestina. Kubah Shakhrah ini selesai dibangun pada 691, yang menjadikannya bangunan Islam tertua di dunia. Di dalam kubah ini terdapat batu Ash-Shakhrah yang menjadi tempat paling suci bagi umat Yahudi.

9.Jembatan Khaju 

Jembatan Khaju
[lihat.co.id] - Merupakan jembatan paling terkenal di Isfahan, Iran. Jembatan yang dibangun dari potongan batu sepanjang dua meter ini memiliki panjang 105 meter dan lebar 40 meter. 
Jembatan Khaju
[lihat.co.id] - Dalam prasasti, menunjukkan bahwa jembatan ini pernah diperbaiki pada 1873.

10.Masjid AMR 

Masjid AMR
[lihat.co.id] - Merupakan masjid tertua di Kairo, Mesir. Masjid ini dibangun pada 641 tanpa mihrab dan menara. Masjid yang sudah direnovasi berulang kali ini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah melainkan juga digunakan sebagai pusat pendidikan agama Islam pertama di Afrika.

11.Alhambra 

Alhambra
[lihat.co.id] - Merupakan sebuah kompleks istana sekaligus benteng yang megah dari kekhalifahan Bani Ummayyah di Granada, Spanyol. Istana ini dibangun untuk tempat tinggal khalifah beserta para pembesarnya. Istana ini memiliki ukiran dan arsitektur bangunan yang cukup menarik.

12.Masjid Huajue Xiang

Masjid Huajue Xiang
[lihat.co.id] - Orang di Xian menyebut masjid ini sebagai Masjid Timur, karena terletak di sebelah timur Masjid Gang Daxuexi. Masjid ini merupakan masjid tertua di Xian dan berusia sekitar 1300 tahun, masjid ini awal di bangun sekitar tahun 724 Masehi. Hampir semua dinding di ruangan ini ditutupi dengan kayu yang berukir kaligrafi Alquran.

13.Taj Mahal

Taj Mahal
[lihat.co.id] - Pembangunan Taj Mahal berlangsung pada 1632-1653. Proyek ini merupakan gagasan Shah Jahan dari kekaisaran Mughal. Bangunan di Kota Agra, Negara Bagian Uttar Pradesh, India, ini sebagai wujud rasa cinta Shah Jahan terhadap istrinya, Mumtaz Mahal.

14.Caravanserai 

Caravanserai
[lihat.co.id] - Adalah penginapan bagi para pedagang yang melewati jalur perdagangan Asia, Afrika Utara, Eropa bagian Tenggara. Caravanserai ini terletak di Turki, dibangun pada masa kekuasaan Persia. Caravanserai terletak pada jalur perdagangan Asia, Afrika, dan Eropa sepanjang 2.500 kilometer.

Tina Kartika 13 Jul, 2013


-
Source: http://www.lihat.co.id/2013/07/14ArsitekturIslammenakjubkandanpalingIndahdiDunia.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download 14 Arsitektur Islam menakjubkan dan paling Indah di Dunia

0 komentar:

Plaas 'n opmerking