Pages

Woensdag 29 Mei 2013

MRT Jakarta Baru Dibangun Oktober, Tepat Setahun Jokowi-Ahok

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!




Jakarta - Proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta tahap I mulai dari Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) ditargetkan untuk mulai dibangun pada Oktober 2013. Kenapa?

Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boestami mengatakan, perusahaannya menargetkan proyek spektakuler ini bisa dimulai bertepatan dengan 1 tahun kepemimpinan dari Pasangan Gubernur Jokowi dan Ahok.

"Syukur-syukur pada bulan Oktober pas 1 tahunnya Pak Jokowi dan Pak Basuki, mudah-mudahan karena masih ada persoalan kontrak," kata Dono di acara Dialog Jakarta Baru 2, Membangun Sistem Transportasi Jakarta Baru, di PDS HB Jassin, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2013).

Tahap pertama pembangunan MRT Lebak Bulus-Bundaran HI akan terbagi menjadi 2 bagian dan beberapa paket. Dari Lebak Bulus-Bundaran Senayan akan dibangun melayang, sedangkan Bundaran Senayan sampai Bundaran HI akan dibangun underground atau bawah tanah.

"Ada 7 stasiun di atas, dan 6 di bawah tanah. Alhamdulillah konstruksi dimulai dari bagian yang tersulit yang underground section," lanjut Dono.

Dia juga mengatakan, tahap kedua proyek MRT mulai dari Bundaran HI hingga Kampung Bandan sedang dalam tahap studi. "Saat ini fokus kami akan menyelesaikan tahap pertama dulu. Sebelum akhir tahun kami akan memulai MRT yang tahap pertama. Tahap kedua masih dilakukan studinya," kata dia.

Proyek MRT Jakarta Tahap I yang panjangnya 15,7 km terdiri dari 13 stasiun. Sebanyak 7 stasiun didesain melayang atau di atas permukaan tanah (elevated) sepanjang 9,8 km dan 6 stasiun di bawah tanah (terowongan) sepanjang 5,9 km.

Jarak antar stasiun dalam rentang 0,4 km hingga 2 km. Rencananya MRT akan mengangkut 432.700 penumpang per hari.


http://images.detik.com/content/2013/05/28/4/111034_112908_mrtterowongan.jpg 

Selain Tahap I, nantinya akan disusul oleh MRT tahap II yang akan dibangun dari Bundaran HI hingga Kampung Bandan sepanjang 8,3 km dengan jumlah stasiun sebanyak 7 stasiun di bawah tanah dari Bundaran HI ke Kota, dan satu stasiun di Kampung Bandan.

Rencananya jarak tempuh antara Bundaran HI ke Kampung Bandan (Ancol) hanya 22,5 menit. Sehingga nantinya jika total lintasan MRT I dan II sudah jadi, waktu tempuh dari Lebak Bulus ke Kampung Bandan hanya 52,5 menit.

Terdapat dua konsorsium yang berhasil lolos untuk mengerjakan proyek MRT, pertama yang dimenangkan konsorsium Shimitsu Kobayashi, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) dan PT Jaya Konstruksi untuk mengerjakan dua paket bawah tanah (underground) dari Al Azhar sampai Dukuh Atas.

Sedangkan konsorsium kedua, paket bawah tanah (underground) dimenangkan oleh Sumitomo Mitsui dengan PT Hutama Karya (Persero) mengerjakan satu paket dari Dukuh Atas sampai Bundaran HI.

sumber | iniunic.blogspot.com | http://finance.detik.com/read/2013/05/28/110949/2257720/4/mrt-jakarta-baru-dibangun-oktober-tepat-setahun-jokowi-ahok?f990101mainnews


total komentar : | apa komentar kamu ?

Artikel Terkait

KOTAK KOMENTAR


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

gogoklik 29 May, 2013


-
Source: http://iniunic.blogspot.com/2013/05/mrt-jakarta-baru-dibangun-oktober-tepat.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download MRT Jakarta Baru Dibangun Oktober, Tepat Setahun Jokowi-Ahok

0 komentar:

Plaas 'n opmerking