Pages

Dinsdag 28 Mei 2013

JK: Jadikan Pulau Komodo Tempat Wisata, Sejahterakan Dulu Masyarakat




http://images.detik.com/content/2013/05/27/1382/193035_komodo.jpg

Labuan Bajo - Pulau Komodo di NTT, telah menjadi primadona wisata. Namun, alangkah lebih baik kalau popularitas Komodo bisa ikut menyejahterakan masyarakat sekitar.

Menurut Ketua Dewan Pembina Yayasan Komodo Kita, HM Jusuf Kalla, pemerintah Indonesia ingin menjadikan pulau yang dihuni 1.500 Komodo tersebut sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia Timur. Menurutnya, agar dapat menyaingi Bali, Desa Komodo harus melakukan perubahan yang signifikan, khususnya untuk kesejahteraan masyarakat.

"Jadi untuk wisata, pertama harus teratur dan bersih karena sudah ada daya tariknya, yaitu Pulau Komodo ini. 1.500 ekor Komodo ini sudah menjadi daya tarik, tetapi masyarakat juga harus mendapat manfaat," kata Kalla.

Hal itu disampaikan Jusuf Kalla, usai peletakkan batu pertama di Desa Komodo sebagai Desa Wisata, Kecamatan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Senin (27/5/2013).

Menurut Kalla, kesejahteraan masyarakat di desa tersebut merupakan poin vital yang harus segera digerakkan apabila ingin menjadikan tempat tersebut sebagai desa wisata. Sehingga 425 jiwa penduduk desa itu harus ditingkatkan dengan memberikan beberapa pelatihan sebagai bekal mereka menghadapi wisatawan internasional.

"Komodo kan selama ada lumpur selama ada kambing selesai urusan kan? Sekarang bagaimana efeknya itu memberikan kesejahteraan masyarakat, sehingga ini kalau mau dikunjungi pulau ini harus teratur, harus disiplin dan masyarakatnya punya pengetahuan. Itulah kenapa saat ini desa ini dibangun menjadi desa wisata, dengan memenuhi syarat-syarat itu," jelasnya.

Saat ini kendala terbesar yang dihadapi pemerintah adalah bagaimana membuat masyarakat desa tersebut menjadi terbuka terhadap dunia luar. Maklum saja, selama ini mereka hidup di dalam pulau yang harus ditempuh selama 2 jam dari pusat Kota Labuan Bajo dan sangat minim infrastruktur, bahkan untuk yang paling dasar sekalipun.

"Mengubah kebiasaan masyarakat untuk hidup tertutup menjadi terbuka, itu tantangan paling besar di daerah wisata, membuka masyarakat yang hospitality, teratur, termasuk perizinan, jalan, makan yang bersih, mengubah itu yang sulit," kata Kalla.

Kalla berharap, sebelum September 2013 yang merupakan puncak dari Sail Komodo, pembangunan infrastruktur di desa Komodo dapat terealisasi dengan sempurna. Selain itu, peningkatan SDM juga telah dilakukan oleh Yayasan Komodo Kita dengan memberikan kursus diving, kursus bahasa Inggris kepada masyarakat agar mereka dapat leluasa dalam menjadi tour guide nantinya.

"Pastikan nanti rumah penduduk dapat menjadi rumah homestay, selama air dan listrik ada, kemudian warung, restoran dan pantainya bersih, itu pasti bisa homestay, bisa seperti di Sanur nanti. Selain itu masyarakat sudah diberikan kursus untuk menyambut wisatawan asing," harapnya.

sumber | iniunic.blogspot.com | http://travel.detik.com/read/2013/05/27/192839/2257292/1382/jk-jadikan-pulau-komodo-tempat-wisata-sejahterakan-dulu-masyarakat?


total komentar : | apa komentar kamu ?

Artikel Terkait

KOTAK KOMENTAR


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

eri K Purba 28 May, 2013


-
Source: http://iniunic.blogspot.com/2013/05/jk-jadikan-pulau-komodo-tempat-wisata.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download JK: Jadikan Pulau Komodo Tempat Wisata, Sejahterakan Dulu Masyarakat

0 komentar:

Plaas 'n opmerking