Pages

Woensdag 29 Mei 2013

Danau di Kamerun ini adalah Danau Paling Mematikan di Dunia...!!!

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!


                                img

Airnya berwarna biru jernih, dikelilingi bukit nan hijau. Tapi siapa sangka, Danau Nyos di Kamerun, Afrika ini pernah membunuh lebih 1.746 orang dalam satu malam. Setelah itu, airnya pun berubah jadi warna merah. Misterius...

Turis manapun yang melihat danau ini bisa langsung jatuh cinta. Apalagi saat cuaca sedang cerah dan sekeliling terlihat hijau dan asri. Tapi danau ini memiliki potensi membunuh yang sangat besar.

Pada Agustus 1986, danau ini seperti meletuskan diri, membuat ledakan air setinggi 90 meter dan menciptakan tsunami kecil. Tidak lama kemudian, masyarakat yang tinggal di sana pun meninggal satu per satu. Ternyata, ledakan ini berasal dari kandungan CO2 di danau yang terlalu besar, demikian ditengok dari BBC, Rabu (29/5/2013).

Setidaknya ada 12 kubik kilometer gas CO2 yang dilepaskan saat ledakan yang hanya berlangsung kira-kira sekitar 20 detik. Hampir tidak ada penduduk yang bisa selamat dari serangan gas yang sangat beracun tersebut.

Gas beracun ini tidak hanya mematikan bagi masyarakat Desa Nyos yang memang tinggal paling dekat dengan danau ini. Tapi juga membunuh penduduk di desa yang berjarak hingga 25 km dari danau.

Orang-orang meninggal dengan sekejap, berjatuhan tanpa bisa ditahan. Mereka yang sedang tidur, terlelap selamanya. Dari 800 orang yang berusaha menyelamatkan diri, hanya ada 6 yang benar-benar selamat. Setelah menyapu habis semua nyawa yang ada di sana, tak lama api pun mulai berkobar, dipicu dari gas CO2 yang menyebar.

Berkaca dari tragedi mematikan tersebut, para peneliti membuat pipa yang bisa menyalurkan kelebihan gas CO2 dari danau itu. Hasilnya, tidak ada lagi ledakan yang mematikan, hanya letupan kecil yang konstan. Meski masih mengeluarkan gas CO2, namun dalam kandungan yang tidak mematikan.

Jika penasaran, Anda pun bisa menengok sendiri seperti apa danau paling mematikan ini. Letaknya sekitar 322 km arah barat laut dari ibukota Kamerun, Yaounde.

               img

             img

              img

              img

sumber | iniunic.blogspot.com | http://travel.detik.com/read/2013/05/29/121152/2258968/1383/kamerun-punya-danau-paling-mematikan-di-dunia?991104topnews

total komentar : | apa komentar kamu ?

Artikel Terkait

KOTAK KOMENTAR


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

kabar silla 29 May, 2013


-
Source: http://iniunic.blogspot.com/2013/05/danau-di-kamerun-ini-adalah-danau.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Danau di Kamerun ini adalah Danau Paling Mematikan di Dunia...!!!

0 komentar:

Plaas 'n opmerking