Pages

Maandag, 24 Junie 2013

Daya Tarik Wajah Tentukan Sukses Tidaknya Karir Seseorang !!

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!


Jakarta, Jangan heran jika di sekitar Anda orang-orang yang memiliki daya tarik fisik dan wajah yang tinggi cenderung sukses di dunia kerja, meski mungkin skill dan IQ-nya tak seberapa. Sebuah studi baru mengatakan bahwa orang-orang yang dianggap tidak menarik cenderung diremehkan dan ditindas di tempat kerja.

Temuan ini hampir senada dengan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa siswa-siswa yang ganteng atau cantik cenderung lebih populer di sekolah. Dan dari penelitian baru ini terbukti bahwa kondisi serupa juga terjadi di tempat kerja.

"Sejujurnya ini adalah temuan yang mengerikan. Meski selama ini kita selalu mengira diri kita sebagai orang-orang yang profesional dan dewasa di dunia kerja, nyatanya ini tak ada bedanya dengan di sekolah," kata ketua tim peneliti, associate professor manajemen dari Michigan State University, Brent Scott.


http://images.detik.com/content/2013/06/24/763/110309_150423_officestress.jpg 

Hal ini telah dipastikan Scott dan rekan-rekannya dengan mensurvei 114 pekerja di sebuah fasilitas perawatan kesehatan di tenggara AS. Setiap pekerja ditanyai seberapa sering rekan-rekan kerja 'memperlihatkan perilaku kejam' terhadap mereka. 'Perilaku kejam' yang dimaksud antara lain mengatakan hal-hal yang menyakiti perasaan, bersikap kasar, dan mengolok-olok partisipan.

Kemudian peneliti melibatkan sekelompok orang yang tidak mengenal partisipan sama sekali. Mereka diperlihatkan foto-foto partisipan dan diminta menilai tingkat daya tarik masing-masing dari partisipan. Dan ternyata benar, partisipan yang dinilai kurang atraktif cenderung mendapat perlakuan yang lebih kasar daripada yang dikatakan lumayan menarik atau memang menarik.

Peneliti mengungkap beberapa jenis penindasan yang diterima pekerja yang tidak memiliki daya tarik tinggi misalnya tidak mendapatkan promosi, diberi beban pekerjaan yang lebih banyak, termasuk pekerjaan kasar maupun pekerjaan yang tidak diinginkan pekerja lain, dan mungkin tidak memperoleh kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya. Ironisnya, perlakuan negatif akibat kurangnya daya tarik ini tetap diperoleh partisipan terlepas dari usia, jenis kelamin atau seberapa lama partisipan bekerja di fasilitas kesehatan tersebut.

Apalagi ketika peneliti mengumpulkan informasi tentang seberapa ramah partisipan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pasangan, rekan kerja atau sahabat partisipan. Dari situ diketahui bahwa pekerja yang kurang ramah dan berwajah jelek diperlakukan lebih kasar daripada rekan-rekan kerjanya yang ganteng atau cantik dan ramah.

"Temuan kami mengungkap bahwa kepribadian dan penampilan seseorang itu penting," simpul Scott seperti dilansir Daily Mail, Senin (24/6/2013).

Namun Scott menambahkan dengan mengetahui siapa saja yang berpotensi menjadi target perilaku kasar atau negatif di tempat kerja, para manajer dapat mengawasi pekerja-pekerja yang rentan mengalaminya dalam rangka mencegah mereka menjadi korban. Atau para manajer dapat menyediakan konseling dan dukungan sosial jika upaya pencegahan yang mereka lakukan dirasa gagal.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Human Performance.



sumber | iniunic.blogspot.com | http://health.detik.com/read/2013/06/24/110026/2282038/763/daya-tarik-wajah-tentukan-sukses-tidaknya-karir-seseorang?991104topnews


total komentar : | apa komentar kamu ?

Artikel Terkait

KOTAK KOMENTAR



Powered By WizardRSS.com | Full Text RSS Feed | Amazon Affiliate software for Amazon Store websites | Android Forums | Wordpress Tutorials

eri K Purba 24 Jun, 2013


-
Source: http://iniunic.blogspot.com/2013/06/daya-tarik-wajah-tentukan-sukses.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Daya Tarik Wajah Tentukan Sukses Tidaknya Karir Seseorang !!

0 komentar:

Plaas 'n opmerking