Pages

Woensdag 05 Junie 2013

Anak Kecil Keseringan Nonton Pasti Minum Manis!

http://images.detik.com/content/2013/06/05/1345/anaktvminumdalam.jpgJakarta - Kini banyak orangtua mulai membatasi anak menonton televisi agar ia lebih aktif bergerak. Rupanya ada manfaat lain di baliknya. Larangan ini juga bisa membuat anak mengurangi kebiasaannya minum minuman manis.

Peneliti dari University of Gothenburg, Swedia, menemukan bahwa lama waktu yang dihabiskan di depan TV serta tingginya terpaan iklan TV berbanding lurus dengan tingkat konsumsi minuman manis pada anak.

Kesimpulan ini ditarik setelah menanyai orangtua di Swedia terkait kebiasaan nonton TV dan konsumsi minuman manis si buah hati. Ada 1.700 anak usia 2-9 tahun yang dilibatkan. Studi ini dilakukan pada 2007 sebagai bagian proyek riset Uni Eropa IDEFICS.

Satu dari tujuh orangtua mengindikasikan bahwa mereka mencoba mengurangi eksposur anak terhadap iklan TV. Merekapun menyatakan bahwa anak-anak mereka jadi tak begitu rentan terhadap minuman ringan maupun minuman manis lainnya.

Sementara itu, anak-anak dari orangtua yang kurang tegas terhadap iklan di TV dua kali lebih tinggi kecenderungannya meneguk minuman manis setiap minggu. Hal ini menunjukkan hubungan yang sangat jelas antara kebiasaan nonton TV terhadap konsumsi minuman manis pada anak.

"Anak-anak yang menonton TV lebih lama cenderung mengonsumsi minuman tersebut. Setiap tambahan jam yang dihabiskan di depan TV meningkatkan kemungkinan konsumsi rutin hingga 50%," kata Stina Olafsdottir, salah satu peneliti studi ini, seperti dirilis EurekAlert (03/06/13).

Pada studi lanjutan dua tahun setelahnya, anak-anak yang mendapat terpaan iklan TV lebih tinggi cenderung mengonsumsi minuman manis secara rutin. Penelitian ini dimuat di International Journal of Public Health.

Bagaimanapun juga, eksposur terhadap iklan TV tidak dapat menjelaskan kaitan antara kebiasaan nonton TV dan konsumsi minuman secara menyeluruh. Bisa jadi program TV yang ditonton juga berpengaruh, atau anak-anak sekadar suka meneguk minuman tersebut sambil menonton TV.




sumber | iniunic.blogspot.com | http://food.detik.com/read/2013/06/05/161542/2265851/1345/makin-lama-nonton-tv-makin-banyak-anak-konsumsi-minuman-manis?d991101284

eri K Purba 05 Jun, 2013


-
Source: http://iniunic.blogspot.com/2013/06/anak-kecil-keseringan-nonton-pasti.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Anak Kecil Keseringan Nonton Pasti Minum Manis!

0 komentar:

Plaas 'n opmerking