Pages

Maandag 03 Junie 2013

Trauma Masa Lalu; Membuat Masyarakat Ogah Ikut Wajib Militer

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQEWVVaHo5pyRIQZbK5r2RIBmHEaGFEo8jySxmY6RYv-LaKCQYxSiUJNtUkSGE_5vzTOMxXQhR4NhH37GloIkxli3NQ_bR2T_cSGuhVeYeHNz7pApsG066w0JlvwvExum2nJ_LQtJyp9Q/s400/wajib-militer.jpgJakarta - Pemerintah tengah mengodok RUU Komponen Cadangan Pertahanan Negara mengatur PNS dan pekerja dan buruh wajib menjadi anggota komponen cadangan. Namun masyarakat masih memiliki trauma di masa orde baru terhadap militer.

"Sebagian masyarakat masih trauma masa lalu pada era orde baru sehingga enggan ikut wajib militer ini," ujar sosiolog Musni Umar saat dihubungi, Senin (4/6/2013)

Musni mengatakan hal itu dikarenakan pada era tersebut paradigma militer yang masih melekat di pola pemikiran masyarakat, sehingga mereka enggan mengikuti wajib militer.

"Namun begitu kita harus melihat dari sisi positif, karena kita sudah melewati masa tersebut dan telah masuk ke era demokrasi persaingan bebas. Oleh karena itu sebuah bangsa yang kuat memiliki masyarakat kuat salah satu ciri kuat itu dengan disiplin aturan," tuturnya

Musni menjelaskan ketika melihat dari sudut pandang masyarakat masyarakat kita memang belum siap untuk mengikuti wajib militer, namun begitu Ruu tersebut memiliki sisi positif atau manfaat yang sangat banyak.

"Kalau kita lihat trauma masyarakat, siapa atau belum siap , suka, atau tidak suka kita harus siap menjalankannya karena dapat merubah mental masyarakat kita. Pengertian wajib militer saat ini tidak seperti era lama dimana militer menjadi kekuatan birokasi, tetapi saat ini era persaingan bebas kita harus bisa melawannya dengan melatih diplisn yang diterapakn di wajib militer," imbuhnya,

Menurutnya suatu negara yang tidak diremehkan atau mendapat intervensi dari negara lain tidak hanya dengan kekuatan senjata atau lainnya.

"Tetapi negara yang hebat negara yang masyrakat telah maju dengan displin waktu, displin lalu-lintas dan lainnya sehingga orang takut untuk menggangunya," tuturnya.




sumber | iniunic.blogspot.com | http://news.detik.com/read/2013/06/04/063020/2263890/10/trauma-masa-lalu-membuat-masyarakat-enggan-ikut-wajib-militer?991101mainnews

eri K Purba 04 Jun, 2013


-
Source: http://iniunic.blogspot.com/2013/06/trauma-masa-lalu-membuat-masyarakat.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Trauma Masa Lalu; Membuat Masyarakat Ogah Ikut Wajib Militer

0 komentar:

Plaas 'n opmerking