Pages

Woensdag 05 Junie 2013

Rumput Laut, Makanan Kaya Serat Pencegah Diabetes



Jakarta - Bosan makan sayuran hijau untuk mencukupi kebutuhan serat tiap hari? Rumput laut bisa jadi alternatif asupan serat sebagai variasi makanan sehari-hari.

Tak hanya serat, tumbuhan laut yang lebih dikenal sebagai bahan pembuat agar-agar ini ternyata kaya akan berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Seperti mineral, vitamin bahkan sedikit protein. Karena kandungan nutrisi yang beragam, manfaat dari mengonsumsi rumput laut pun cukup banyak. Ini berbagai manfaat rumput laut, menurut pakar gizi Prof. Dr. Ahmad Sulaeman, PhD.

http://images.detik.com/content/2013/05/31/1135/rumputlaut.jpg 

1. Bantu Turunkan Berat Badan
Rumput laut mengandung serat jenis polisakarida yang bagus untuk diet menurunkan berat badan. Selain kaya akan serat, kalorinya pun rendah. Seperti diketahui, serat memberi efek perut terasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan banyak jadi lebih terkontrol.

2. Baik untuk Pencernaan
Rumput laut mengandung probiotik, yang berfungsi sebagai makanan untuk bakteri baik dalam pencernaan. "Dengan adanya itu (probiotik) bakteri baik juga tumbuh dengan baik. Prebiotik dan probiotik sangat baik untuk bantu melancarkan pencernaan. Juga meningkatkan sistem imunitas," ujar Prof. Ahmad, dalam acara Jelajah Gizi yang diadakan Sarihusada di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, Kamis (30/05/2013).

3. Membantu Pertumbuhan Anak
Jenis rumput laut berwarna cokelat kaya akan yodium. Mineral ini penting untuk mendukung anak agar fisiknya tumbuh secara normal.

"Ada anak yang lahir kerdil, keterbelakanan mental itu karena kekurangan yodium. Penyakit kelainan thyroid seperti gondok juga akibat dari itu. Rumput laut adalah sumber yodium yang sangat bagus," kata Prof. Ahmad.

4. Mencegah Diabetes
Selain yodium, rumput laut juga mengandung jenis mineral yang dinamakan khromium. Mineral ini membantu mengurangi dampak negatif akibat resistensi insulin.

Pada penderita diabetes, tubuh tidak mampu memproduksi dan tidak sensitif terhadap insulin. Sehingga kadar gula dalam darah tinggi. "Khromium membantu metabolisme insulin agar bisa melaksanakan tugasnya lebih baik," ujar lulusan Ilmu dan Teknologi Pangan di Institut Pertanian Bogor ini.

Perlu diingat, bagi penderita diabetes, konsumsilah rumput laut dalam keadaan segar. Tanpa tambahan gula.




sumber | iniunic.blogspot.com | http://wolipop.detik.com/read/2013/05/31/074145/2261064/1135/rumput-laut-makanan-kaya-serat-pencegah-diabetes

eri K Purba 05 Jun, 2013


-
Source: http://iniunic.blogspot.com/2013/06/rumput-laut-makanan-kaya-serat-pencegah.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Rumput Laut, Makanan Kaya Serat Pencegah Diabetes

0 komentar:

Plaas 'n opmerking