Pages

Sondag 26 Mei 2013

Waspada; Ini Gangguan Mata yang Bisa Dialami Ibu Hamil




 
http://images.detik.com/content/2013/05/22/775/190151_matats.jpgJakarta, Ibu hamil berisiko memiliki banyak sekali gangguan pada tubuh akibat perubahan hormon dan kehamilan yang semakin membesar. Selain anemia, cepat lelah, sesak nafas, dan tiroid, ibu hamil juga kerap mengalami gangguan pada penglihatannya.

"Pada ibu yang sedang hamil kadang-kadang kondisi refraksi sedikit berubah atau pada ibu dengan kelainan seperti pre-eklampsia atau diabetes. Nah, hal ini bisa menyebabkan terjadinya gangguan retina," jelas dr Gitalisa Andayani SpM, dokter spesialis mata Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo Kirana ini dalam perbincangan dengan detikHealth, Rabu (22/5/2013).

Untuk itu, jika ibu mengalami gangguan pada penglihatan ketika mengandung sebaiknya segera periksakan ke dokter. "Kontrol kehamilan secara teratur. Laporkan ke dokter bila ada gangguan penglihatan supaya dirujuk ke doktermata untu penangannan lebih lanjut," tutur dr Gita.

Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan lebih lanjut yang menyebabkan robeknya retina. Menurut dr Gita ketika retina robek keadaannya tidak akan bisa kembali seperti semula.

"Umumnya tidak bisa kembali seperti semua dan perlu tindakan. Sehingga, ibu harus waspadai gejala gangguan retina seperti melihat floaters," ujar dr Gita.

Selain itu, gejala gangguan retina dapat berupa mendadak terlihat bintik atau serabut melayang, melihat kilat atau flash tiba-tiba, atau pandangan terhalang sebagian. Nah, jika Anda mengalami gangguan mata seperti ini jangan dibiarkan, segeralah kunjungi dokter mata terdekat.

sumber | iniunic.blogspot.com | http://health.detik.com/read/2013/05/22/190002/2253398/775/ini-gangguan-mata-yang-bisa-dialami-ibu-hamil


total komentar : | apa komentar kamu ?

Artikel Terkait

KOTAK KOMENTAR


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

eri K Purba 26 May, 2013


-
Source: http://iniunic.blogspot.com/2013/05/waspada-ini-gangguan-mata-yang-bisa.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Waspada; Ini Gangguan Mata yang Bisa Dialami Ibu Hamil

0 komentar:

Plaas 'n opmerking