Pages

Woensdag 22 Mei 2013

Tukang Jajan Sampai Peserta Haji Harus dikasi Obat




http://images.detik.com/content/2013/05/22/763/170031_vaksin4ts.jpg
 
Jakarta, Siapa tak tergoda dengan bakso, soto ayam, atau pun jajanan pinggir jalan lainnya yang menggoda selera. Tapi, pernahkah Anda menyadari bahwa makanan yang dibeli ditempat tersebut tak terjamin kebersihannya?

Nah, untuk itu sangat diperlukan pencegahan penyakit melalui imunisasi. Dikatakan oleh Prof. Dr. dr Samsuridjal Djauzi, Sp.PD-KAI, FACP, FINASIM dalam acara media briefing Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI di RSCM Kencana pada Rabu, (22/5/2013), imunisasi khususnya pada orang dewasa harus dilakukan.

"Untuk yang suka jajan sebaiknya mendapatkan imunisasi hepatitis A dan tifoid," kata Prof Samsu. Ditambahkan oleh dr Iris Rengganis Sp.PD-KAI yang juga narasumber pada acara tersebut hepatitis A merupakan penyakit yang banyak terjadi karena jajan sembarangan.

"Turis saja disuntik hepatitis A karena takut terkena, tetapi orang Indonesia sendiri justru banyak yang belum melakukannya. Padahal masyarakat kita paling suka jajan sembarangan," ujar dr Iris.

Oleh sebab itu dr Iris menyarankan untuk tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan sabun. Selanjutnya, dr Iris menambahkan selain tukang jajan, traveler dan juga peserta haji khususnya harus mendapatkan imunisasi.

"Kalau traveler tergantung daftar di visa dan negara yang dituju butuh imunisasi apa. Kalau untuk peserta haji yang umumnya lansia harus mendapatkan imunisasi influenza dan meningitis," jelas Iris.

Imunisasi influenza harus dilakukan pada peserta haji sebab selain umumnya peserta berusia diatas 50 tahun, lingkungan yang berdesakan serta perjalanan yang melelahkan dapat menyebabkan influenza menyerang dengan cepat. Belum lagi komplikasi yang ditimbulkan dengan penyakit lainnya yang dapat menyebabkan penyakit pada lansia bertambah buruk hingga menyebabkan kematian.

Nah, untuk itu melakukan imunisasi tidak boleh H-1 sebelum keberangkatan sebab kekebalan baru akan terjadi 2 minggu setelah melakukan imunisasi. Yuk, segera imunisasi sebab mencegah lebih baik daripada mengobati.

sumber | iniunic.blogspot.com | http://health.detik.com/read/2013/05/22/165948/2253243/763/dari-tukang-jajan-sampai-peserta-haji-harus-imunisasi


total komentar : | apa komentar kamu ?

Artikel Terkait

KOTAK KOMENTAR


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

eri K Purba 22 May, 2013


-
Source: http://iniunic.blogspot.com/2013/05/tukang-jajan-sampai-peserta-haji-harus.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Tukang Jajan Sampai Peserta Haji Harus dikasi Obat

0 komentar:

Plaas 'n opmerking