Pages

Woensdag 22 Mei 2013

Susuku, Matikan Rokokmu!'




http://images.detik.com/content/2013/05/22/763/141208_rokoksusu.jpg
 
Solo, Belasan orang, Rabu (22/5/2013), menyambangi Terminal Tirtonadi, Solo. Mereka mendekati dan mengajak bicara sejumlah orang yang ditemuinya. Meskipun sebelumnya terlihat tidak saling mengenal, namun pembicaraan terkesan lancar dan bahkan terlihat cair. Yang diajak bicara juga bisa memahami dan mengikuti saran yang diberikan.

Yang diajak bicara itu adalah awak bus yang sedang istirahat, para penumpang maupun para penjual di lingkungan terminal. Semua yang didekati di berbagai sudut itu ternyata sedang melakukan yang sama, yakni merokok.

Belasan orang dari Rumah Zakat itu memang sedang melakukan kampanye antirokok. Semua perokok dihimbau untuk menghentikan atau setidaknya mengurangi konsumsi rokok. Bukan hanya himbauan lisan, para aktivis itu juga membagikan selebaran yang berisi bahaya rokok untuk kesehatan manusia.

Tak sedikit yang terkesan dingin, namun banyak juga yang merespons baik. Entah karena sungkan atau karena apa, setelah mendapat himbauan itu banyak yang kemudian mematikan rokoknya dan membuangnya ke besek berisi pasir yang sengaja dibawa para pegiat antirokok itu.

Sebagai penghargaan untuk setiap perokok yang mematikan rokoknya, para relawan kemudian memberikan susu botol dan permen. Bukan alasan bila rokok ditukar dengan susu botol, sebab minum susu tentunya jauh lebih sehat dibandingkan menghisap rokok.

Program Head Kesehatan Rumah Zakat Surakarta, Joko Adianto, menegaskan kampanye antirokok itu untuk mengedukasi warga karena jumlah perokok yang terus meningkat. "Target kami hari ini 500 perokok akan kami datangi untuk disarankan berhenti merokok," ujarnya.

Setelah berkampanye dan 'sweeping' perokok di terminal, mereka meneruskan kampanye di area publik lainya seperti di kawasan traffic light. Tak hanya ngomong, mereka juga membentangkan spanduk bertuliskan pesan bahaya merokok serta membawa replika rokok ukuran besar yang diberi tulisan 'Maraiboros'.

"Kami juga sedang menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Surakarta dalam program bersama membina kampung bebas rokok. Kami sudah menetapkan kampung Ngemplak di Kelurahan Mojosongo, sebagai pilot project kampung bebas rokok," kata Joko Adianto.


sumber | iniunic.blogspot.com | http://health.detik.com/read/2013/05/22/141038/2252972/763/ini-susuku-matikan-rokokmu?l991101755


total komentar : | apa komentar kamu ?

Artikel Terkait

KOTAK KOMENTAR


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

eri K Purba 22 May, 2013


-
Source: http://iniunic.blogspot.com/2013/05/susuku-matikan-rokokmu.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Susuku, Matikan Rokokmu!'

0 komentar:

Plaas 'n opmerking