Pages

Saterdag 25 Mei 2013

Jerman & Indonesia Sepakati Kerjasama Hebat gan,.




 
Berlin - Kerjasama mencakup pencegahan dan pemberantasan kejahatan transnasional antara lain kejahatan dunia maya, ekonomi, pemalsuan dokumen, penyelundupan manusia, korupsi, narkoba, penanganan bencana dan terorisme.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam The Declaration of Intent between the Indonesian National Police and the Federal Ministry of the Interior of the Federal Republic of Germany on Preventing and Combating Transnational Crimes and Capacity Building.

(Pernyataan Kehendak antara Kepolisian Nasional Indonesia dan Kementerian Dalam Negeri Republik Federal Jerman tentang Pencegahan dan Pemberantasan Kejahatan Transnasional dan Pengembangan Kapasitas).

"Pernyataan Kehendak ini menandai kerjasama Indonesia dan Jerman di bidang pencegahan dan pemberantasan kejahatan transnasional," ujar Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman Dr. Eddy Pratomo kepada detikcom, Sabtu (25/5/2013).

Lanjut Dubes, dalam bidang pengembangan kapasitas kedua pihak sepakat untuk melakukan pertukaran informasi dan pengalaman, kerjasama pendidikan polisi, pertukaran tenaga pelatih atau pengajar, bantuan fasilitas dan infrastruktur Polri.

Menurut Dubes, Pernyataan Kehendak tersebut merupakan implementasi konkrit dari salah satu butir Deklarasi Jakarta yang diluncurkan pada saat kunjungan Kanselir Merkel ke Indonesia pada 2012 serta menindaklanjuti kunjungan kenegaraan Presiden RI ke Jerman pada Maret 2013 lalu.

"Kerjasama ini semakin memperkuat kemitraan komprehensif antara Indonesia-Jerman serta memiliki makna politis dan psikologis dalam meningkatkan comfort level dan familiarity kedua negara dalam kerjasama penegakan hukum yang sempat vakum," demikian Dubes.

Penandatanganan Pernyataan Kehendak itu dilakukan oleh Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal (Pol) Drs. Timur Pradopo dengan State Secretary Kementerian Dalam Negeri Jerman Klaus-Dieter Fritsche di Berlin, Kamis (16/5/2013).

Selama kunjungannya ke Jerman, Kapolri juga melakukan pertemuan dan kunjungan ke beberapa institusi Jerman yang terkait dengan keamanan dan penegakan hukum, antara lain dengan Kepala Kantor Polisi Kriminal Federal Dr. Joerg Ziercke.

Sebagaimana disampaikan Counsellor Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Berlin Ayodhya Kalake, dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai pengembangan kerjasama kepolisian kedua negara di bidang pendidikan dan pelatihan serta pertukaran informasi yang aktual.

Pada saat kunjungan ke Pusat Pengendalian Huru-Hara Jerman, selain melakukan tanya jawab, Kapolri juga berkesempatan untuk menyaksikan demonstrasi penanganan kerusuhan dalam unjuk rasa.

Selain itu, Kapolri juga mengadakan kunjungan ke Pusat Gabungan Anti-teror Jerman di Treptow. Dalam kunjungan tersebut, Kapolri menyampaikan undangan untuk berkunjung ke Indonesia kepada pihak Jerman untuk bertukar pengalaman dalam penanganan masalah terorisme.

Sementara itu di Wiesbaden, Kapolri mengadakan pertemuan dengan Wakil Komandan Unit Anti Teror Jerman GSG9, Reimund Gans. Dalam pertemuan tersebut, Kapolri menyepakati pembinaan kerjasama lebih erat antara GSG9 dengan Polri.

Sebagai tindak lanjut kunjungan Kapolri ke Jerman, akan diadakan forum konsultasi tingkat pakar kepolisian kedua negara untuk memetakan lebih rinci program kerjasama kedua pihak. Selain itu, disepakati juga untuk melakukan pertukaran pengajar dan kerjasama pelatihan antinteror dengan GSG9 pada 2014.

sumber | iniunic.blogspot.com | http://news.detik.com/read/2013/05/25/162856/2255821/10/ri-jerman-tingkatkan-penanganan-terorisme-dan-kejahatan-transnasional?nd772204btr


total komentar : | apa komentar kamu ?

Artikel Terkait

KOTAK KOMENTAR


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

eri K Purba 25 May, 2013


-
Source: http://iniunic.blogspot.com/2013/05/jerman-indonesia-sepakati-kerjasama.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Jerman & Indonesia Sepakati Kerjasama Hebat gan,.

0 komentar:

Plaas 'n opmerking