Pages

Woensdag 22 Mei 2013

Diburu; Cabut dari Nokia, Eks Karyawan buat HP keren gan.,!




http://images.detik.com/content/2013/05/22/317/smartphonejolla.jpg 
Jolla, ponsel besutan eks pegawai Nokia (ist)
 
Helsinki - Jolla, startup asal Finlandia yang dibentuk oleh sekelompok mantan karyawan Nokia, memamerkan ponsel pertama besutannya. Di Finlandia, Jolla bahkan sudah mulai membuka pre-order handset ini.

Menggunakan sistem operasi (OS) berbasis Linux MeeGo, menjadi daya tarik tersendiri ponsel ini. Nama OS-nya pun unik, yakni Sailfish. Berbekal prosesor dual-core, ponsel dengan layar sentuh 4,5 inch ini mendukung jaringan LTE.

Seperti detikINET kutip dari Cellular-news, Rabu (22/5/2013), ponsel Jolla ini juga dibekali kamera 8 megapixel dan memori internal 16GB. Soal harga, cukup bersaing. Jolla membanderolnya di angka 400 euro atau sekitar Rp 5 jutaan. Akhir tahun dijadwalkan ponsel ini mulai dijual.

Menariknya lagi, meski berbasis OS milik sendiri, smartphone ini juga kompatibel dengan aplikasi Android. Alhasil, ini cukup ampuh meyakinkan para pengguna soal dukungan aplikasi.

Kabar lainnya, startup ini beberapa waktu lalu baru saja memilih CEO. Ini menandai fase baru Jolla yang mulai berkembang dari startup ke manufaktur ponsel sepenuhnya.

Sebelumnya diberitakan pengembangan OS MeeGo mendapatkan dari Jolla. Bekerjasama dengan komunitas developer MeeGo, Jolla mengembangkan dan menjual smartphone berbasis MeeGo.

Tim yang kini mendirikan Jolla, dulunya adalah para profesional di Nokia yang mengawal divisi MeeGo N9 Nokia. Seperti diketahui, nasib MeeGo memang terkatung-katung.

Kolaborasi Nokia dengan Intel dalam pengembangan MeeGo rupanya tak berakhir indah. Nokia lebih memilih beralih menggunakan Windows Phone ketimbang MeeGo. Sebelumnya, Intel bahkan telah lebih dulu 'menendang' platform tersebut.

September silam, Intel mengumumkan bersama dengan Linux Foundation dan LiMo Foundation akan mendukung platform mobile baru bernama Tizen. Meski demikian, Intel menyatakan tetap berkomitmen mendukung Meego dan open source. Platform Tizen sendiri disebut-sebut merupakan gabungan fitur terbaik yang dimiliki MeeGo dan LiMo.

sumber | iniunic.blogspot.com | http://inet.detik.com/read/2013/05/22/080943/2252490/317/eks-karyawan-nokia-pamerkan-ponsel-jolla?i991102105


total komentar : | apa komentar kamu ?

Artikel Terkait

KOTAK KOMENTAR


This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

eri K Purba 22 May, 2013


-
Source: http://iniunic.blogspot.com/2013/05/diburu-cabut-dari-nokia-eks-karyawan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Download Diburu; Cabut dari Nokia, Eks Karyawan buat HP keren gan.,!

0 komentar:

Plaas 'n opmerking